KPU Sumbar mulai distribusikan logistik pemungutan suara ulang DPD

id kpu sumbar,dpd sumbar,psu dpd,psu dpd sumbar,kpu distribusikan logistik

KPU Sumbar mulai distribusikan logistik pemungutan suara ulang DPD

Ketua KPU Provinsi Sumbar Surya Efitrimen (tengah) memberikan penjelasan terkait Pemilihan Umum (Pemilu) di Kota Padang. (ANTARA/Muhammad Zulfikar).

Padang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Barat mulai mendistribusikan logistik berupa kotak suara untuk pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan calon anggota DPD RI.

"Untuk pengiriman pertama sebanyak 11.950 kotak suara yang diperuntukkan sembilan kabupaten dan kota di Sumbar," kata Ketua KPU Provinsi Sumbar Surya Efitrimen di Padang, Selasa.

Sembilan daerah tersebut meliputi Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 1.640 kotak suara, Kabupaten Solok 1.360 kotak suara, Kabupaten Dharmasraya 693, 1.721 kotak suara untuk Kabupaten Agam, Kabupaten Limapuluh Kota 1.261, Kabupaten Pasaman 941, Kabupaten Pasaman Barat 1.286 kotak suara, 367 kotak suara bagi KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai, dan 2.681 kotak suara untuk KPU Kota Padang.

Sementara, sisanya 5.619 kotak suara yang diperuntukkan sembilan daerah lainnya dikirimkan setelah tahap pertama. KPU menargetkan pengiriman logistik tahap satu tiba di daerah tujuan tiga hingga empat hari sejak dikirim.

Khusus Kabupaten Kepulauan Mentawai yang merupakan salah satu daerah terluar Indonesia, sebagian kotak suara dikirimkan menggunakan moda transportasi udara. Sementara sisanya dikirim lewat jalur laut pada 3 atau 4 Juli 2024.

Sementara untuk surat suara yang dicetak di daerah Cikarang (Jawa Barat) dan Klaten (Jawa Tengah) diperkirakan tiba di Bandara Internasional Minangkabau pada 4 hingga 5 Juli 2024. Surat suara sebanyak 4.178.520 tersebut mulai didistribusikan ke 19 kabupaten dan kota pada 6 hingga 7 Juli 2024.

Ia menambahkan pengambilan surat suara akan dikawal langsung masing-masing perwakilan KPU kabupaten dan kota serta aparat kepolisian termasuk diawasi langsung oleh Bawaslu.

Selanjutnya, logistik lainnya seperti tinta, bilik, segel kertas, alat bantu coblos tunanetra, sampul biasa, sampul kubus, formulir A4, formulir plano sedang dalam proses pengerjaan dan ditargetkan selesai pada 4 Juli 2024.

"Distribusinya dilakukan dengan ekspedisi terpisah menggunakan moda transportasi darat, dan diperkirakan tiba di Padang pada 8-9 Juli 2024," ujarnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KPU Sumbar mulai distribusikan logistik pemungutan suara ulang DPD