Pemkot Pariaman bakal kirim orang ke Kemenkominfo tingkatkan SDM smart city

id Pemkot Pariaman,berita pariaman,berita sumbar,smart city pariaman

Pemkot Pariaman bakal kirim orang ke Kemenkominfo tingkatkan SDM smart city

Sekretaris Dinas Kominfo Kota Pariaman, Sumbar Riky Falantino (kanan) berfoto bersama saat mengikuti Forum Smart City Nasional. Antara/HO-diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat bakal mengirim orang dari kalangan ASN atau non ASN untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) tentang kota pintar atau smart city.

"Kami berharap dengan adanya SDM yang diikutkan Diklat (di fasilitasi Kemenkominfo) mudah-mudahan dapat mengatasi SDM yang selama ini menjadi salah satu kendala teknis dalam pengelolaan smart city di daerah," kata Sekretaris Dinas Kominfo Kota Pariaman Riky Falantino melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan Pemkot Pariaman mengikuti Forum Smart City Nasional yang dilaksanakan Kemenkominfo di Bali mulai dari 24 sampai dengan 27 Juni 2024 dengan mengusung tema "Transformasi Digital dan Inovasi Teknologi Menuju Indonesia Emas Melalui Pembangunan Kota dan Kabupaten Cerdas 2024.

Ia menyampaikan kegiatan tersebut merupakan evaluasi yang meliputi penilaian oleh beberapa asesor yang berasal dari akademisi, praktisi, serta unsur Kemenkominfo RI.

Pada kesempatan tersebut, kata dia Pariaman mendapatkan tawaran dari tim itu untuk mengatasi kurangnya SDM pengelola program smart city.

"Kami menyambut baik tawaran yang diberikan oleh Tim dari Kementerian Kominfo ini," katanya.

Ia menyebutkan program smart city yang selama ini telah diterapkan di Pariaman yakni smart governance, smart living, smart branding, smart society, smart environment, dan smart economy.