Pemkot Padang sebar 60 sapi kurban ASN ke sejumlah masjid

id Kurban, Padang, Andree

Pemkot Padang sebar 60 sapi kurban ASN ke sejumlah masjid

Pj Wali Kota Padang Andree Algamar menyaksikan prosesi kurban di Balai Kota Padang, Senin (17/6/2024). (ANTARA/HO-Pemkot Padang)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat menyebar 60 ekor sapi yang berasal dari kurban aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu kepada masjid dan mushalla yang membutuhkan.

"Tahun ini kurban dari ASN Pemkot Padang berjumlah 60 ekor. Kita sebar pada masjid dan mushalla yang tidak memiliki hewan kurban," kata Penjabat Wali Kota Padang Andree Algamar di Padang, Senin.

Ia mengatakan pembagian hewan kurban itu sebagai bentuk kepedulian ASN dan Pemkot Padang agar semua masyarakat bisa merasakan daging kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah.

Ia juga memuji semangat berkurban warga Kota Padang yang terus meningkat. Tahun ini, terdata jumlah hewan kurban mencapai 8.047 ekor.

"Dari total hewan kurban tahun ini, 7.064 ekor di antaranya adalah sapi, 980 ekor kambing, dan tiga ekor kerbau," ujarnya.

Andree menyebut jumlah hewan kurban di Padang 2024 meningkat dari tahun sebelumnya yang tercatat 8.019 ekor.

Terkait dengan pelaksanaan ibadah kurban, ia mengatakan, sebagai salah satu amalan penting dilakukan umat saat Hari Raya Idul Adha.

Berkurban, kata dia, dianjurkan dalam ajaran Islam sebagai bentuk syukur atas semua nikmat diberikan Allah SWT, sekaligus momentum berbagi kebahagiaan dan keberkahan.

"Untuk di lingkungan Balai Kota Padang Aie Pacah ini kita melakukan penyembelihan sebanyak lima ekor sapi kurban. Daging kurban tersebut akan kita bagikan kepada para pegawai non-ASN, cleaning service, serta security dan warga di sekitar Balai Kota Padang," katanya.

Sebelum menyaksikan prosesi penyembelihan hewan kurban di kawasan Balai Kota Padang, Pj Wali Kota Andree Algamar melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 H di Masjid Ukhuwah Balai Kota Padang. Bertindak sebagai khatib, Ustadz Despi Dasmal dan imam, Ustadz Irsyad.