Plh Wako Padang Panjang: HLUN 28 momentum menuju Lansia Smart

id Lansia Smart,Plh Wako Padang Panjang

Plh Wako Padang Panjang: HLUN 28 momentum menuju Lansia Smart

Plh. Wako Dr. Winarno dan Kepala Dinas Sosial PPKBPPPA Osman Bin Nur, berikan xindera mata kepada dua lansia di peringatan HLUN ke 28 Tingkat Kota Padang Panjang di auditorium Mifan.

Padang Panjang (ANTARA) - Hari Lanjut Usia Nasional ke-28 menjadi momentum penting guna menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari semua pemangku kepentingan dan momentum meningkatkan upaya kesehatan lansia menuju Lansia SMART (Sehat, Mandiri, Aktif dan Produktif).

Hal itu disampaikan Plh. Walikota Padang Panjang, Sumatera Barat Dr. Winarno, M.E pada Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional yang berlangsung semarak di auditorium Mifan Water Park, Rabu (29/5).

“Melalui peringatan HLUN ke-28 ini, diharapkan dapat meningkatkan pemberdayaan, kepedulian dan edukasi baik keluarga dan masyarakat dalam upaya kesehatan lansia di seluruh Indonesia terkhusus di Kota Padang Panjang,” kata Winarno.

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-28 tingkat Kota Padang Panjang, dihadiri ratusan lansia yang mengikuti berbagai rangkaian kegiatan diantaranya pemeriksaan kesehatan gratis (cek tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat), seminar kesehatan dengan pembahasan pola hidup sehat cegah hipertensi serta diabetes militus bagi lansia.

Pada kesempatan tersebut Winarno, melantik pengurus Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Kota Padang Panjang periode 2024-2029 yang diketuai Yulfahmi, menyerahkan hadiah pemenang lomba senam lansia, bantuan sembako dan alat bantu berupa kursi roda.

Kegiatan ini juga dimeriahkan penampilan drama musikal kelompok Lansia Sepakat Puskesmas Gunung dan diapresiasi pejabat yang hadir dari unsur Forkopimda, jajaran pejabat Pemkot dan sejumlah tokoh masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Faizah, mengatakan HLUN yang dilaksanakan bertujuan guna memberikan perhatian dan penghargaan kepada lansia, mengangkat derajat lansia sebagai potensi bukan sebagai beban.

"Seterusnya, memberikan apresiasi sekaligus bentuk kampanye dan edukasi kepada masyarakat agar memposisikan lansia sebagai orang yang harus dihormati serta diberikan peran penting," tegas Faizah.

Kegiatan HLUN tingkat Kota Padang Panjang digelar dengan kolaborasi Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPPA).