Pasaman Barat peroleh alokasi pupuk subsidi tertinggi di Sumbar

id Alokasi pupuk subsidi Pasaman Barat tertinggi di Sumbar

Pasaman Barat peroleh alokasi pupuk subsidi tertinggi di Sumbar

Salah satu tanaman jagung warga di Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar. Saat ini alokasi pupuk di daerah itu tertinggi di Sumbar. ANTARA/Altas Maulana  

Simpang Empat,- (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) memperoleh alokasi pupuk bersubsidi tertinggi di Sumbar pada 2024 sebesar 38.200 ton dari sebelumnya hanya 20.156 ton.

"Kami bersyukur ada penambahan alokasi pada 2024 ini. Pupuk bersubsidi itu terdiri dari Urea dan NPK," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pasaman Barat Doddy San Ismail, di Simpang Empat, Selasa.

Ia mengatakan dari alokasi 38.200 ton itu terdiri dari Urea 19.447 ton dan NPK sebanyak 18.753 ton, sedangkan sebelumnya Urea hanya 11.383 ton dan NPK sebanyak 8.773 ton.

"Terjadi penambahan untuk Urea sebanyak 8.064 ton dan NPK bertambah 9,98 ton," katanya pula.

Menurutnya, alokasi pupuk itu akan disalurkan ke 31.855 petani yang ada tersebar di 11 kecamatan.

"Pupuk bersubsidi itu tentu akan diberikan kepada kelompok tani yang mengusulkan melalui rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) yang sudah masuk ke aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan Pertanian (Simluhtan)," katanya lagi.

Berdasarkan alokasi yang diperoleh itu masih kurang dari usulan yang diberikan oleh petani. Namun masih mencukupi dan juga mengarahkan petani menggunakan pupuk organik, karena didukung oleh pakan ternak dan lainnya.

"Saat ini ada enam kelompok yang memproduksi pupuk organik di bawah binaan dinas. Ke depannya akan kami dorong kelompok untuk memproduksi pupuk organik," ujarnya.

Ia menilai penggunaan pupuk organik sebenarnya sangat baik bagi tanaman dan tanah. Sebab, menggunakan pupuk organik bisa mengurangi krisis tanah dan menjaga kesuburan tanah lebih lama.

Pihaknya juga terus meningkatkan sarana prasarana pertanian, seperti rehab jaringan irigasi tersier (RJIT), pembangunan jalan usaha tani, bantuan alat mesin pertanian.

Masyarakat di Pasaman Barat saat ini banyak menanam jagung, kentang, ubi jalar dan talas.

"Adapun sentra tanaman pangan banyak berada di Kecamatan Talamau, Kecamatan Pasaman, Kinali dan Gunung Tuleh," ujarnya lagi.