Produksi ikan Pasaman Barat triwulan I 2024 capai 27.773 ton

id Produksi ikan di Pasaman Barat

Produksi ikan Pasaman Barat triwulan I 2024 capai 27.773 ton

Kepala Dinas Perikanan Pasaman Barat Zulfi Agus saat meninjau perikanan budidaya di masyarakat di Durian Sungkai Batang Biyu Kecamatan Pasaman, Selasa (7/5/2024). Antara/Altas Maulana. 

Pasaman Barat, Sumbar (ANTARA) - Produksi ikan di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, mencapai 27.773 ton pada triwulan pertama 2024 dari target selama 2024 sebanyak 122.709 ton.

Kepala Dinas Perikanan Pasaman Barat Zulfi Agus di Simpang Empat, Selasa, mengatakan capaian produksi triwulan I atau Januari-Maret 2024 yang 27.773 ton itu terdiri atas perikanan tangkap sebanyak 26.355 ton dan perikanan budidaya 1.418 ton.

"Pada umumnya produksi masih stabil dan kami optimistis target yang kita tetapkan dapat tercapai hingga akhir tahun," katanya.

Ia mengatakan dari total target yang ditetapkan dengan rincian untuk target produksi ikan tangkap sebesar 111.610 ton, untuk perikanan budidaya 6.213 ton dan produksi olahan ikan sebanyak 4.883 ton.

"Dengan dukungan dan kerja sama semua pihak diharapkan target produksi ikan dapat tercapai," katanya.

Ia menjelaskan untuk mencapai target itu pihaknya melakukan sejumlah upaya di antaranya adalah peningkatan sarana dan prasarana penangkapan ikan untuk nelayan dengan bantuan perahu, mesin kapal, GPS dan alat tangkap.

Lalu peningkatan sarana budidaya ikan dengan memberikan bantuan kolam baru, bibit ikan, pakan ikan dan mesin pakan mandiri serta bantuan sarana pembibitan dan bantuan induk ikan.

Selanjutnya peningkatan sarana pengolahan ikan berupa bantuan sarana pengolahan.

"Kami juga memberikan sosialisasi dan pelatihan terkait budidaya ikan serta kolaborasi dengan nagari dalam pemanfaatan anggaran nagari untuk ketahanan pangan sektor perikanan," sebutnya.

Selain itu juga restocking atau penambahan stok ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum dan pembuatan peraturan daerah pengelolaan perairan umum untuk meningkatkan produksi ikan perairan umum.

Menurutnya, untuk produksi perikanan tangkap yang dihasilkan mayoritas ikan tongkol, tenggiri, kakap merah, kembung, selar, teri, kerapu, layur, bawal, kwe, cakalang, udang putih, kepiting dan rajungan.

"Secara kualitas tidak kalah bersaing dengan daerah penghasil ikan lainnya di Indonesia," tambahnya.

Ikan yang dihasilkan nelayan di Pasaman Barat selain dipasarkan di Sumbar juga di provinsi lainnya bahkan ada yang sampai luar negeri seperti ikan kerapu.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Produksi ikan Pasaman Barat triwulan I 2024 capai 27.773 ton