Dishub Pasaman Barat cek kelaikan kendaraan angkutan Lebaran

id pasaman barat,cek kelaikan kendaraan,lebaran,Pasaman barat

Dishub Pasaman Barat cek kelaikan kendaraan angkutan Lebaran

Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat Bakarudin didampingi Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pasaman Barat Iptu M. Irsyad Fathur Rahman dan Sekretaris Dinas Perhubungan Sukarni saat memasang stiker ke kendaraan yang lulus kelaikan di Terminal Simpang Empat, Selasa (2/4/2024). ANTARA/Altas Maulana

Simpang Empat, Sumbar (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, melakukan pengecekan (ramp check) kelaikan kendaraan angkutan umum menjelang libur Lebaran 2024 untuk memastikan keselamatan mudik di Terminal Simpang Empat, Selasa.

Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat Bakarudin di Simpang Empat, Sumbar, Selasa, mengatakan ramp check moda transportasi darat tersebut dilakukan di Terminal Simpang Empat selama dua hari sampai Rabu (3/4/2024).

Ia menjelaskan pengecekan dilakukan pada administrasi berupa bukti lulus uji, izin operasional, SIM, dan STNK.

Kemudian, secara teknis pada sistem penerangan kendaraan, pengereman, kondisi ban, perlengkapan kendaraan, kaca film, kondisi lampu dan lainnya untuk keamanan dan keselamatan berkendara.

Pihaknya juga melibatkan Satuan Lalu Lintas Polres Pasaman Barat yang juga melakukan pengecekan kelengkapan kendaraan seperti STNK, SIM dan lainnya.

Menurutnya, kelaikan kendaraan sangat penting, sebab pada momen tersebut arus kendaraan akan meningkat, sehingga faktor keamanan dan keselamatan penumpang sangat penting.

Ramp check juga dilakukan agar tidak terjadi insiden yang dapat membahayakan keselamatan pelaku perjalanan.

"Pada pemeriksaan ramp check apabila kendaraan tidak memenuhi faktor keamanan dan keselamatan, sementara waktu tidak boleh jalan. Maka dari itu, kami berharap para pengendara bisa melakukan perbaikan atau mengganti bagian kendaraannya yang sudah tidak laik," sebutnya.

Ia menambahkan jumlah kendaraan yang masuk setiap hari ke Terminal Simpang Empat mencapai 50 kendaraan.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pasaman Barat Iptu M Irsyad Fathur Rahman menambahkan dalam rangka mengantisipasi kecelakaan saat mudik lebaran maka kelaikan kendaraan dicek bersama Dinas Perhubungan dan Jasa Raharja.

Apalagi, katanya, Pasaman Barat merupakan daerah yang masuk lima tertinggi angka kecelakaannya di Sumbar.

"Dengan ramp check itu maka diharapkan bisa meminimalisir angka kecelakaan. Bagi kendaraan umum yang tidak lengkap dan tidak layak maka kita amankan. Bagi yang layak, maka diberi stiker di kaca kendaraannya," ujarnya.