Pemkot Padang siapkan festival sambut mudik para perantau

id Festival Muaro Padang,Wali Kota PadangHendri Septa,Padang,Sumbar,Minang,Geu Minang,Perantau,Bgadamg,OPD,Pemangku kepent

Pemkot Padang siapkan festival sambut mudik para perantau

Wali Kota Padang, Hendri Septa. (ANTARA/HO-Pemkot Padang)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Sumatera Barat menyiapkan Festival Muaro Padang, sebagai salah satu agenda wisata untuk menyambut para perantau asal daerah itu yang mudik lebaran 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang Rabu mengatakan, festival tersebut rencananya digelar pada 19 hingga 21 April 2024 di kawasan Sungai Batang Arau hingga Jembatan Siti Nurbaya.

"Tahun lalu Festival Muaro Padang berlangsung sukses dan sangat meriah. Tahun ini kembali kita gelar lebih meriah," katanya.

Ia menyebutkan, Festival Muaro Padang akan mengobati kerinduan para perantau terhadap kampung halaman dengan menghadirkan sejumlah kegiatan seperti selaju sampan, urang Padang Bagamad, dan karnaval budaya.

Pada kegiatan itu juga akan digelar pameran ekraf dan UMKM, kuliner masa lalu, fashion show gen-z, pameran foto, penerbitan buku Batang Arau, dan lomba video reel IG dan tiktok.

"Kita akan jadikan festival ini sebagai pesta rakyat yang bisa dinikmati semua orang," katanya.

Ia menyebutkan pula bahwa festival itu selain sebagai hiburan rakyat juga akan memberikan ruang bagi UMKM untuk mempromosikan sekaligus menjual produk hingga perputaran ekonomi juga terjadi.

Karena itu, Hendri Septa meminta dukungan dan kerja sama dari seluruh pimpinan OPD dan stakeholder (pemangku kepentingan) untuk menyukseskan Festival Muaro Padang ini.

Kepada dinas terkait juga diminta agar segera melakukan persiapan untuk menyukseskan agenda tersebut.

Pada 2023, ribuan orang datang menikmati Festival Muaro Padang yang digelar dari siang hingga malam hari itu.

Agenda itu menjadi salah satu unggulan Kota Padang untuk bisa meningkatkan jumlah wisatawan. Apalagi bertepatan dengan banyaknya perantau yang mudik saat lebaran.*

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkot Padang siapkan festival sambut mudik pada perantau