Pertamina-Hiswana Migas salurkan bantuan korban banjir Pesisir Selatan

id Bencana alam, banjir, bantuan banjir, Pertamina,Abdul Muhari,BNPB,BPBD,Padang,Sumbar,Pesisir Selatan,Padang Pariaman,Kot

Pertamina-Hiswana Migas salurkan bantuan korban banjir Pesisir Selatan

PT Pertamina Patra Niaga dan Hiswana Migas DPC Sumatera Barat saat menyerahkan bantuan logistik kepada korban bencana banjir yang melanda berbagai kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan di Padang, Minggu (10/3/2024). ANTARA/HO-Pertamina Patra Niaga.

Padang (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga dan Hiswana Migas (Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas) DPC Sumatera Barat menyerahkan bantuan logistik kepada korban bencana banjir yang melanda berbagai kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan.

"Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Pertamina beserta mitra kerja bagi korban bencana banjir yang melanda berbagai kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan," kata Sales Area Manager Sumatera Barat PT Pertamina Patra Niaga Narotama Aulia Fazri di Padang, Minggu.

Dia menjelaskan, bantuan logistik yang diserahkan itu berupa beras, minyak goreng, mie instan, gula, teh, kopi, dan kue kering serta kebutuhan logistik lainnya. Bantuan diserahkan langsung kepada Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi untuk disalurkan ulang.

"Semoga bantuan ini dapat meringankan beban para korban banjir di Pesisir Selatan" kata Narotama.

Dalam waktu dekat PT Pertamina Patra Niaga bersama Hiswana Migas Sumatera Barat juga akan mengirimkan tabung gas elpiji untuk memenuhi kebutuhan berbagai dapur umum di daerah terdampak banjir itu.

Intensitas curah hujan yang tinggi pada 6 Maret 2024 di Provinsi Sumatera Barat mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Imbasnya beberapa infrastruktur seperti jalan utama dan jembatan rusak hingga tidak bisa dilalui.

Secara terpisah, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, BNPB telah berkoordinasi dengan BPBD tingkat provinsi, kabupaten, dan kota terdampak banjir khususnya Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Padang Pariaman, dan Kota Padang.

BNPB juga telah menyiapkan dukungan personel, alat, perangkat hingga anggaran operasional untuk disalurkan dalam masa tanggap darurat bencana.

Tidak hanya itu, Kepala BNPB direncanakan meninjau langsung operasi tanggap darurat dan memastikan kebutuhan dasar masyarakat terdampak banjir terpenuhi dengan baik.

"Kepala BNPB juga akan memastikan pemulihan pasca-bencana dilakukan dengan efektif dan efisien," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pertamina-Hiswana Migas salurkan bantuan korban banjir Pesisir Selatan