Evaluasi Penanganan Bencana Banjir, Wali Kota Padang Kumpulkan Semua Camat

id Banjir

Evaluasi Penanganan Bencana Banjir, Wali Kota Padang Kumpulkan Semua Camat

Rapat evaluasi banjir Padang. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Pasca bencana banjir yang melanda Kota Padang, Wali Kota Padang Hendri Septa memimpin rapat evaluasi penanganan bencana banjir, di Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota Padang, Sabtu (9/3/2024).

Pada rapat yang dihadiri oleh seluruh Camat dan OPD terkait ini, disamping Wali Kota Padang Hendri Septa, hadir lengkap pucuk pimpinan Pemerintah Kota Padang, seperti Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar, Sekdako Andree Algamar dan para Asisten.

Ekos Albar, mengatakan tidak dipungkiri ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam penanganan bencana di Kota Padang.

“Berkaca dari bencana banjir kamis-jumat kemarin, diakui ada beberapa perbaikan yang harus kami lakukan. Respon time, rantai koordinasi, updating data, serta kesiapan lapis 2 jajaran kecamatan harus diperbaiki dan ditingkatkan lagi,” tegas Ekos Albar.

Senada dengan Ekos Albar, Hendri Septa mengatakan bahwa tidak peduli apa yang terjadi pemerintah harus hadir. Maka koordinasi antar lapisan pemerintah harus selalu jalan.

“Dalam keadaan darurat, second in command itu harus jalan. Tidak boleh ada kekosongan. Jika Camat berada di luar, maka Sekcam harus bisa mengambil alih komando. Pemerintah tidak boleh vakum,” ujar Hendri Septa.

“Koordinasi yang baik sudah saya tunjukan bersama Pak Wawako. Ketika saya terjebak macet dalam perjalanan pulang menuju Padang, Pak Wawako ambil alih komando sementara. Para Camat dengan jajarannya semestinya juga begitu. Silahkan susun SOP nya sebaik mungkin,” lugas Hendri Septa lagi.