Unand dampingi implementasi PTNBLU Universitas Bangka Belitung

id universitas andalas, unand,ptnblu,pendampingan ptn

Unand dampingi implementasi PTNBLU Universitas Bangka Belitung

Gedung Rektorat Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat (Sumbar). (ANTARA/Muhammad Zulfikar).

Padang (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat (Sumbar) mendampingi Universitas Bangka Belitung dalam rangka implementasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTNBLU).

"Ini juga menjadi momen kilas balik untuk melihat bagaimana proses Universitas Andalas pada akhirnya menyandang status Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum atau PTNBH," Wakil Rektor IV Unand Henmaidi di Padang, Kamis.

Henmaidi mengatakan dalam proses menuju PTNBLU, Unand diberikan amanah untuk menjadi pendamping bagi Universitas Bangka Belitung. Pendampingan itu juga bagian dari proses saling belajar antarkedua institusi.

Dalam proses pendampingan itu, Unand menyiapkan berbagai hal di antaranya bidang keuangan, bidang sumber daya manusia dan informasi teknologi. Termasuk juga tim perencanaan dan kerja sama serta bidang hukum dan tata kelola.

"Semua bidang ini siap untuk membantu hal-hal yang masih dibutuhkan Universitas Bangka Belitung untuk menjadi PTNBLU yang unggul," kata Henmaidi.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Perencanaan Sistem Informasi dan Kerja Sama Universitas Bangka Belitung Dwi Haryadi mengatakan pendampingan menuju BLU telah dimulai sejak Februari 2022, dan mendapat surat keputusan status PTNBLU pada Desember 2023.

"Pendampingan ini terus berlanjut untuk membantu Universitas Bangka Belitung menjalankan statusnya sebagai PTNBLU," ujarnya.

Dalam pendampingan tersebut terdapat beberapa hal yang masih dalam proses di antaranya penyusunan rencana bisnis dan anggaran, penyusunan/penyempurnaan peraturan pemimpin BLU, dan penyusunan anggaran keuangan sesuai standar akuntansi pemerintahan.

"Kami berharap dalam proses pendampingan ini Universitas Bangka Belitung segara dapat menyesuaikan dengan sistem PTNBLU yang berlaku," harap dia.