Kejari Pasaman Barat tahan pemodal tambang emas ilegal

id Kejari Pasaman Barat,Berita pasbar

Kejari Pasaman Barat tahan pemodal tambang emas ilegal

Kejaksaan Negeri Pasaman Barat, Sumatera Barat saat membawa terdakwa pemodal penambang emas tanpa izin Dominikus Suprianto panggilan Supri alias Dimas (50) untuk ditahan setelah terbukti secara sah bersalah melakukan tindak pidana yang menyuruh melakukan penambangan tanpa izin atau ilegal di daerah itu, Selasa (27/2). 

Simpang Empat (ANTARA) - Kejaksaan Negeri Pasaman Barat, Sumatera Barat menahan pemodal penambang emas tanpa izin Dominikus Suprianto panggilan Supri alias Dimas (50) setelah terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana yang menyuruh melakukan penambangan tanpa izin atau ilegal di daerah itu.

Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Barat Muhammad Yusuf Putra di Simpang Empat, Selasa, mengatakan penahanan terhadap terdakwa berdasarkan putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia pasal 226 jo pasal 257 KUHP Nomor 20 K/Pid.Sus-LH/2024.

"Mahkamah Agung mengabulkan permohonan kasasi dari jaksa penuntut umum pada Kejaksaan Negeri Pasaman Barat dan membatalkan putusan Pengadilan Negeri Pasaman Barat Nomor 39/Pid.B/LH/2023/PN Psb tanggal 22 Mei 2023 yang memvonis terdakwa bebas," katanya.

Kemudian terhadap terdakwa dijatuhkan hukuman dengan pidana penjara selama satu tahun, pidana denda Rp500 juta dan subsider tiga bulan penjara.

Selanjutnya menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani oleh terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan dan membebankan kepada terdakwa untuk membayar biaya perkara pada tingkat kasasi sebesar Rp2.500.

Menurutnya terdakwa merupakan warga Jalur II Jorong Mahakarya, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo ini ditangkap pada 21 Februari 2023 lalu dan ditahan di dalam rumah tahanan sejak 22 Februari 2023 sampai dengan 22 Mei 2023.

Saat itu Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Pasaman Barat menuntut terdakwa tiga tahun penjara karena terbukti menyuruh melakukan penambangan tanpa izin di pinggir aliran sungai Rimbo Janduang Nagari Lingkuang Aur Kecamatan Pasaman beberapa waktu lalu.

Selain menuntut terdakwa dengan tiga tahun penjara, terdakwa juga didenda Rp1 miliar atau subsider enam bulan kurungan.

Namun berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Pasaman Barat Nomor 39/Pid.B/LH/2023/PN Psb tanggal 22 Mei 2023 terdakwa divonis bebas.

"Berdasarkan itulah maka jaksa melakukan kasasi ke Mahkamah Agung dan dinyatakan bersalah," ujarnya.

Terdakwa secara bersama-sama dengan saksi inisial PHP, FM, APP, RP, S dan AFR yang berkas perkaranya terpisah pada Kamis 13 Oktober 2022 melakukan, menyuruh dan ikut serta penambangan emas tanpa izin di pinggir aliran sungai Rimbo Janduang.

"Untuk terdakwa lainnya divonis bersalah dan telah menjalani hukuman," katanya. ***2***