Anis-Muhaimin menang mutlak di PSU Pemilu Agam

id PSU Pemilu Agam,Berita agam,Berita sumbar

Anis-Muhaimin menang mutlak di PSU Pemilu Agam

Anggota KPPS TPS 08 Manggopoh serang melakukan penghitungan suara, Sabtu (24/2). Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Pasangan Anis Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar menang mutlak di TPS 08 Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dengan memperoleh 64 suara saat Pemilihan Suara Ulang (PSU) Pemilu 2024, Sabtu (24/2).

Pasangan Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka hanya memperoleh 20 suara dan pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD hanya memperoleh satu suara.

"Ini berdasarkan penghitungan yang kita lakukan di TPS 08 Manggopoh," kata Ketua KPPS 08 Manggopoh lkhsan di Lubuk Basung, Sabtu.

Ia mengatakan untuk perolehan suara DPD RI dan DPR RI masih dalam proses penghitungan suara.

Saat PSU, total pemilih yang memberikan suara sebanyak 85 orang yang berasal dari DPT 83 orang, DPTb satu orang dan daftar pemilih khusus satu orang.

Sementara total pemilih di TPS 08 sebanyak 200 orang terdiri dari DPT 198 orang dan DPTb dua orang.

Ketua KPU Agam Herman Susilo menambahkan pelaksanaan PSU di TPS 08 Manggopoh karena adanya pemilih yang menggunakan hak pilih meski tak ada di daftar pemilih tetap (DPT) atau daftar pemilih tetap tambahan (DPTb).

PSU di TPS 08 Manggopoh digelar untuk tiga pemilihan yakni, presiden, wakil presiden, DPR RI dan DPD RI.

PSU ini diadakan setelah KPU Agam menerima rekomendasi dari Bawaslu Agam. Ini berdasarkan temuan pengawas TPS menemukan adanya masyarakat di TPS tersebut yang mencoblos, walaupun tidak terdaftar di DPT dan DPTb.

"PSU ini diadakan usai KPU menerima rekomendasi dari Bawaslu Agam akibat adanya masyarakat mencoblos walau tidak terdaftar di dalam DPT dan DPTb," katanya.