Pemkot Payakumbuh jaga harga pangan dengan dirikan Lapau Inflasi

id Lapau pengendali Inflasi,payakumbuh

Pemkot Payakumbuh jaga harga pangan dengan dirikan Lapau Inflasi

Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman saat meluncurkan Lapau Pengendalian Inflasi. (ANTARA/HO-Pemkot Payakumbuh)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, berupaya menjaga stabilitas harga pangan dengan mendirikan Lapau Pengendalian Inflasi di Pasar Ibuh Blok Barat, Kecamatan Payakumbuh Barat.

Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Jasman di Payakumbuh, Senin, mengatakan pendirian Lapau Pengendalian Inflasi tersebut bekerja sama dengan Perum Bulog Kantor Cabang Bukittinggi sebagai respons atas perkembangan harga bahan pangan pokok strategis di daerah itu.

Ia mengatakan Lapau Pengendalian Inflasi itu juga berfungsi sebagai "food station" guna mengontrol inflasi pangan di Kota Payakumbuh.

“Pendirian Lapau ini merupakan sebuah inovasi guna mengantisipasi harga bahan pokok yang tidak stabil, sehingga dengan (Lapau) ini akan dapat menjaga ketersediaan stok pangan serta menjaga harga bahan pokok agar tetap terjangkau bagi warga," katanya.

Ia menyebutkan saat ini harga beras di Payakumbuh masih bertahan pada harga Rp15 ribu-16 ribu per kilogram. Untuk mengimbangi harga yang cukup tinggi itu Lapau Pengendalian Inflasi menjual Beras Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) kemasan lima kilogram dengan harga tertinggi Rp11.500 per kilogram.

Untuk mendapatkan beras kualitas medium tersebut pedagang dan toko ritel harus menjadi mitra kerja dari Perum Bulog dengan cara datang mendaftar ke Perum Bulog Kantor Cabang Bukittinggi dan wajib mematuhi peraturan yang telah ditetapkan sebagai mitra Bulog.

Ia berharap dengan adanya Lapau Pengendalian Inflasi tersebut dapat menjaga serta menstabilkan harga beras sehingga masyarakat tidak susah lagi dalam mencukupi kebutuhan beras rumah tangga.

Sementara itu menjelang bulan suci Ramadhan, Pemkot Payakumbuh segera menggelar pasar murah untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok.

Pasar murah itu nantinya digelar beberapa kali tergantung dari situasi harga kebutuhan pokok di pasar.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Payakumbuh, Edvidel Arda mengatakan TPID Kota Payakumbuh terus melakukan evaluasi dan monitoring harga bahan pokok di pasar.

Salah satu hasil evaluasi menurutnya adalah pendirian Lapau Pengendalian Inflasi.