Pendukung mulai datangi Hajatan Rakyat Ganjar-Mahfud di Surakarta

id Ganjar Pranowo,Mahfud Md,Kampanye Ganjar,Kampanye Mahfud,Hajatan Rakyat,Pemilu 2024,Pilpres 2024

Pendukung mulai datangi Hajatan Rakyat Ganjar-Mahfud di Surakarta

Para pendukung capres/cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md mulai memasuki arena Hajatan Rakyat di Benteng Vastenburg, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024). (ANTARA/Narda Margaretha Sinambela)

Surakarta (ANTARA) - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md menggelar kampanye akbar terakhir di dua kota di Jawa Tengah, yakni Surakarta dan Semarang, Sabtu.

Berdasarkan pantauan di lokasi pertama kampanye akbar Ganjar-Mahfud di Surakarta yang mengambil tempat di Benteng Vastenburg. Tampak di lokasi kampanye akbar sekitar pukul 06.20 WIB, sejumlah persiapan sudah dilakukan oleh pihak panitia.

Adapun jalan menuju lokasi acara sudah terpasang spanduk hingga poster-poster bergambar Ganjar-Mahfud hingga bendera-bendera partai politik pengusung seperti PDI Perjuangan (PDIP), PPP, Perindo dan Hanura.

Ribuan peserta kirab juga telah terlihat bersiap di sepanjang sekitar jalan sekitar Benteng Vastenburg.

Nantinya, berbagai lapisan masyarakat melakukan grebeg atau menggiring Ganjar-Mahfud dengan kirab budaya dari Ngarsopuro menuju Benteng Vastenburg, salah satu titik termasuk Balaikota Surakarta.

Selain itu, satu panggung besar juga sudah berdiri sebagai tempat utama melakukan kampanye akbar Ganjar-Mahfud.

Ornamen panggung juga dihiasi dengan tulisan salah satunya 'Bantenge Metu Kandang' (Bantengnya keluar kandang), Salam M3tal Menang Total, hingga sederet program Ganjar-Mahfud.

Pertunjukan seni kebudayaan rencananya akan ditampilkan. Ada juga mural dari seniman setempat yang menggambarkan ekspresi dan harapan kepada paslon nomor urut 03 itu.

Para pendukung Ganjar-Mahfud terus berdatangan ke lokasi acara Kampanye Akbar di Benteng Vastenburg. Mereka terlihat kompak mengenakan pakaian berwarna merah dan putih dengan gambar wajah Ganjar-Mahfud.

Untuk diketahui, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Plt Ketua Umum PPP M. Mardiono dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (Oso) bakal hadir di lokasi acara kampanye akbar ini.

Begitupun sejumlah sosok penting seperti putra Megawati sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan M. Prananda Prabowo, Sekjen Hasto Kristiyanto, hingga Dewan Penasehat TPN Ganjar-Mahfud Puan Maharani.

Akan hadir juga Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid, serta jajaran TPN hingga Tim Pemenangan Daerah (TPD).

Menurut jadwal, usai berkampanye di Surakarta pada pagi hari ini, Ganjar-Mahfud akan melanjutkan kampanye akbar ke Kota Semarang, Jawa Tengah.

Sebelumnya, Jumat (9/2), Ganjar Pranowo mengungkapkan alasan pihaknya memilih dua kota dalam kampanye terakhirnya di Jawa Tengah, karena alasan normatif banyak massa yang ingin hadir.

"Sebenarnya mau satu titik gitu ya, apakah di Surakarta, apakah di Semarang. Tapi ternyata semua berdebat, kalau bisa tambah lagi pak, setiap ekstra karesidenan itu artinya enam, tidak mungkin gitu kan. Maka diputuskan di dua tempat karena dua-duanya pengin dilaksanakan dan banyak orang yang ingin hadir, luar biasa bahkan dari Jakarta hari ini (kemarin) sudah membawa timnya masuk ke sana," kata Ganjar di Kabupaten Bogor, Jumat.

"Saya tidak membayangkan kondisinya karena Jawa Timur juga mau hadir. Maka dengan dipecah dua mungkin akan lebih baik," sambung dia.

Sementara itu, Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Karaniya Dharmasaputra menjelaskan jika Surakarta ke Semarang menandakan peralihan kepemimpinan dari Presiden Jokowi ke Ganjar.

“Dari Solo menuju Semarang, dari era Jokowi menuju era Ganjar Pranowo. Dari daerah yang dulu melambangkan basis Jokowi, bergerak menuju Semarang, daerah yang merupakan perlambang basis Ganjar Pranowo," ucap Karaniya.

Menurutnya, seperti halnya ‘Hajatan Rakyat’ Surakarta yang dijejali ratusan ribu massa, Semarang juga akan tumpah ruah rakyat.

“Besok, Sabtu 10 Februari 2024, masyarakat dapat menghadiri ‘Hajatan Rakyat’ Semarang yang dimulai pukul 13.00 WIB. Kita nantikan Mas Ganjar dan Prof Mahfud akan menyampaikan apa menuju pemilihan umum 14 Februari,” tuturnya.

Selain tokoh-tokoh nasional, ‘Hajatan Rakyat’ Semarang menghadirkan deretan seniman yang juga dekat dengan rakyat, seperti Slank, Nassar, Nella Kharisma, Woro Widowati, Danang, Cak Lontong, Oppie Andaresta, dan lain sebagainya. Tidak ketinggalan duet spesial Alam Ganjar dan NDX AKA, serta Yenny Wahid dan Once Mekel.

KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pendukung mulai datangi Hajatan Rakyat Ganjar-Mahfud di Surakarta