Nigeria dan RD Kongo berhasil lolos ke semifinal Piala Afrika 2023

id Piala Afrika 2023, Nigeria,RD Kongo, sepak bola Internasional

Nigeria dan RD Kongo berhasil lolos ke semifinal Piala Afrika 2023

Pesepak bola Republik Demokratik Kongo Meschack Elia mencetak gol ke gawang Mesir dalam laga putaran 16 besar Piala Afrika 2023 di Laurent Pokou Stadium, San Pedro, Pantai Gading, Minggu (28/1/2024). ANTARA FOTO/REUTERS/Siphiwe Sibeko/foc.

Jakarta (ANTARA) - Nigeria lolos ke semifinal Piala Afrika 2023 setelah mengalahkan Angola dengan skor 1-0 dalam laga perempat final di Felix Houphouet Boigny Stadium, Abidjan pada Sabtu dini hari WIB.

Di laga perempat final lainnya, Republik Demokratik Kongo juga melaju ke semifinal usai menekuk Guinea dengan skor 3-1 di Olympic Stadium of Ebimpe.

Nigeria vs Angola

Gol tunggal kemenangan Nigeria atas Angola tercipta di menit ke-41 lewat aksi Ademola Lookman. Pemain Atalanta itu sukses mencocor bola dari umpan Moses Simon menjadi gol.

Di babak kedua, Nigeria sempat mencetak gol lewat sundulan Victor Osimhen. Namun, VAR menganulirnya karena penyerang Napoli itu lebih dulu berdiri dalam posisi offside.

Tak ada gol tambahan yang tercipta. Nigeria berhak melaju ke babak semifinal untuk menghadapi pemenang laga Cape Verde vs Afrika Selatan.

RD Kongo vs Guinea

Timnas RD Kongo meraih kemenangan meyakinkan untuk lolos dari babak perempat final berkat kemenangan 3-1 atas Guinea di Stadion Olimpiade Alassane Ouattara.

Melawan timnas Guinea, timnas Republik Demokratik Kongo sempat tertinggal terlebih dahulu.

Guinea mendapat kesempatan emas lewat tendangan penalti pada menit ke-20. Mohamed Bayo yang bertindak sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Namun, RD Kongo segera membalas lewat gol Chancel Mbemba pada menit ke-27.

Yoane Wissa kemudian membuat RD Kongo berbalik unggul 2-1 lewat tendangan penalti pada menit ke-65.

RD Kongo menambah keunggulan mereka menjadi 3-1 pada menit ke-82. Arthur Masuaku menciptakan gol tendangan bebas yang membawa timnya semakin sulit dikejar Guinea

RD Kongo berhasil mempertahankan skor hingga pertandingan berakhir. RD Kongo akan menghadapi pemenang dari laga antara Mali versus Pantai Gading di babak semifinal.

Berikut hasil perempat final Piala Afrika 2023 seperti dilansir dari Konfederasi Sepak Bola Afrika:

Nigeria 1-0 Angola

(Ademola Lookman 41')

Republik Demokratik Kongo 3-1 Guinea

(Chancel Mbemba 27', Yoane Wissa 65'-penalti, Arthur Masuaku 82' - Mohamed Bayo 20')

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Nigeria dan RD Kongo melaju ke semifinal Piala Afrika 2023