Wako Bukittinggi bantu peningkatan bisnis BPRS Jam Gadang

id Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar,BPRS Jam Gadang

Wako Bukittinggi bantu peningkatan bisnis BPRS Jam Gadang

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar bersama warga. Wako mendukung dan membantu peningkatan bisnis BPRS Jam Gadang hingga mampu mendapat raihan penghargaan nasional serta pemenuhan target di pembiayaan dan aset (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) mengalami peningkatan bisnis baik dari peningkatan aset dan pembiayaan selama 2023. Wako Bukittinggi memiliki andil besar dalam proses pengembangannya.

"BPRS Jam Gadang makin berkembang pesat. Hal ini tentu tak lepas dari peran Wali Kota Erman Safar yang pada 2023 lalu dinobatkan sebagai Pembina BUMD Terbaik se Indonesia," kata Kepala Dinas Kominfo Bukittinggi, Suryadi, Selasa.

Ia menyebut total aset yang telah tercapai oleh PT. BPRS Jam Gadang (Perseroda) untuk tahun buku 2023 sebesar Rp 109,3 miliar.

"Angka itu naik Rp 38 miliar dibanding tahun 2022 lalu yang hanya sebesar Rp 70,9 miliar," kata dia.

Sementara untuk pembiayaan yang disalurkan BPRS Jam Gadang tercatat sebesar Rp 78, 3 miliar atau 134,06 persen dari rencana bisnis yang dianggarkan sebesar Rp 58,4 miliar.

"Untuk perolehan laba sebelum pajak dan zakat sebesar Rp 2,2 miliar atau 114, 08 persen dari target yang direncanakan yaitu sebesar Rp 2, 003 miliar," kata Suryadi.

Saat ini BPR Syariah Jam Gadang terus berkembang, apalagi setelah diluncurkannya program Tabungan Utsman kerjasama dengan Pemko Bukittinggi.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, selaku pemegang saham pengendali, mengapresiasi kerja keras yang dilakukan seluruh punggawa PT. BPRS Jam Gadang dalam mengembankan BUMS milik Kota Bukittinggi itu.

"Setiap tahun terdapat peningkatan yang signifikan dari BPRS Jam Gadang, mulai dari aset, pembiayaan hingga laba yang diraih," kata Erman.

Dengan hasil yang baik itu, BPRS Jam Gadang mendapat anugerah BUMD Award 2023 dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, sebagai peringkat 1 BUMD Lembaga Keuangan Skala Kecil se-Indonesia dan kembali mendapat penghargaan Top BUMD Award 2023 dari infobank.

Pada kegiatan 12 tahun Sharia Award 2023 lalu itu, BPRS Jam Gadang, mendapat tiga peghargaan sebagai Excellent Financial Performance Sharia Rural Bank in 2022, The Best of The Best Excellent Financial Performance Sharia Rural Bank in 2022 dan The Best Financial Performance Sharia Rural Bank in 2022 Kelas Asset IDR 50 M – IDR 100 M.

Selain itu, pada tahun 2023, Wali Kota Bukittinggi Erman Safar juga meraih penghargaan Top Pembina BUMD 2023, Feri Irawan meraih penghargaan Top CEO BUMD 2023 dan Top BUMD Award 2023 BPRS peringkat bintang lima.