Ribuan pesepeda lintasi sejumlah objek wisata di Pariaman

id Ribuan pesepeda, lintasi sejumlah, objek wisata,objek wisata pariaman, komunitas sepeda

Ribuan pesepeda lintasi sejumlah objek wisata di Pariaman

Ratusan peserta sepeda santai Sunua Raya Bike Community Baralek Gadang istirahat di Pantai  Sunue, Kota Pariaman, Sumbar. ANTARA/Aadiaat M. S.

Pariaman (ANTARA) - Ribuan pesepeda dari 180 komunitas sepeda di berbagai daerah di Indonesia melintasi sejumlah objek wisata di Kota Pariaman, Sumatera Barat saat mengikuti sepeda santai Sunua Raya Bike Community Baralek Gadang di Nagari Sunue Tengah, Kabupaten Padang Pariaman.

"Kegiatan ini dapat mempromosikan pariwisata yang ada di Pariaman, dan kami tentu mendukung kegiatan ini," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Ferialdi di Pariaman, Minggu.

Ia mengatakan meskipun kegiatan tersebut tidak berdampak ekonomi langsung pada perekonomian pelaku usaha kecil menengah, karena start dan finis di Padang Pariaman, namun sudah membantu promosi wisata daerah.

Apalagi jalur yang dilalui oleh peserta kegiatan tersebut merupakan ikon wisata Pariaman, mulai dari Simpang Tabuik, Talao Pauh, Jembatan Gandoriah, serta objek wisata pantai yang ada di daerah itu.

Adapun objek wisata pantai yang dilalui, yaitu Pantai Pauh, Gandoriah, Cermin, Kata, Pasir Sunur, dan Sunur.

Ia meminta panitia untuk dapat melaksanakan kegiatan itu setiap tahun serta menjadikan Pariaman sebagai tuan rumah. "Kami meminta panitia agar Pariaman nantinya dapat menjadi lokasi start dan finis," katanya.

Menurutnya, kegiatan tersebut juga dapat diadopsi di Pariaman, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu yang nantinya berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Jalur yang dilalui oleh pesepeda tersebut mulai dari kawasan perkampungan di Padang Pariaman, persawahan, perkotaan, pantai, Simpang Tabuik Pariaman dan jembatan ikonik Pantai Gandoriah, lalu kembali ke Padang Pariaman.

Sebelumnya, ribuan pesepada dari ratusan komunitas yang berasal dari Sumatera Barat (Sumbar) Riau, Jambi, dan Sumatera Utara mengikuti sepeda santai Sunua Raya Bike Community Baralek Gadang di Nagari Sunue Tengah, Kecamatan Nan Sabaris dengan menyusuri ruas jalan di kecamatan itu dan Kota Pariaman.

"Kegiatan ini kami laksanakan secara swadaya dengan jumlah peserta sekitar dua ribu pesepeda yang berasal dari berbagai daerah," kata Ketua Pelaksana Sunua Raya Bike Community Baralek Gadang, Zainal.

Ia mengatakan panjang jalur yang dilintasi oleh pesepeda pada kegiatan tersebut sekitar 40 kilometer dengan menyusuri sejumlah jalan di Kecamatan Nan Sabaris dan objek wisata pantai di Kota Pariaman.

Ia menyampaikan kegiatan tersebut tidak saja untuk mengenalkan daerah kepada masyarakat luas, namun juga untuk peningkatan ekonomi pelaku usaha kecil menengah di Padang Pariaman dan promosi pariwisata di Pariaman.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ribuan pesepeda lintasi sejumlah objek wisata di Pariaman