BNPB bantu operasional Posko Siaga Marapi di Agam

id BNPB bantu operasional penanggulangan erupsi marapi

BNPB bantu operasional Posko Siaga Marapi di Agam

Tenaga Ahli Kepala BNPB Dadiyo saat memberikan keterangan kepada wartawan di Posko Siaga Marapi Bukit Batabuah, Kabupaten Agam. BNPB memberikan dukungan operasional keselamatan bencana erupsi gunung marapi, Jumat (19/1/2024). Antara/Altas Maulana.  ​​​​​​​

Lubuk Basung,- (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meninjau dan memberikan dukungan terhadap operasional Posko Siaga Marapi di Bukit Batabuah dan di lokasi daerah rawan bencana erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam.

"Sesuai arahan, kami melihat perkembangan secara langsung erupsi Marapi dan memberi dukungan langsung operasional penanganan bencana," kata Tenaga Ahli Kepala BNPB Dadiyo di Bukit Batabuah, Agam, Jumat.

Ia mengungkapkan bentuk dukungan diberikan berupa peralatan penanganan bencana erupsi Gunung Marapi dan Dana Siap Pakai (DSP) senilai Rp250 juta.

"Sama dengan bantuan yang diberikan lebih dulu ke Kabupaten Tanah Datar," kata dia.

Bantuan itu berupa tenda pengungsian, makanan siap saji, sembako, selimut, matras dan mesin genset dan lainnya.

Dadiyo didampingi Yustam Syahril, Kepala Sibdirektorat Pemulihan Sarana, kemudian Lutfi Ramadhan dari Analis Bencana, dan Muhammad Nafis sebagai Tenaga Administrasi BNPB.

"Intinya BNPB mendukung penuh. Jika ada permasalahan-permasalahan di lapangan, akan dibantu," tegasnya.

BNPB mendapat informasi langsung dari tokoh masyarakat Bukit Batabuah untuk kesiapan langkah evakuasi jika kemungkinan terburuk erupsi terjadi.

"Secara standar operasional Tim Siaga Marapi sudah mengetahui termasuk penyelamatan kelompok rentan, jalur evakuasi. Saya yakin dengan kerja sama yang baik dari TNI-Polri dan tim gabungan semua rencana bisa berjalan baik," sebutnya.

Ia mengimbau warga berisiko terdampak bencana erupsi untuk mematuhi petunjuk-petunjuk yang disampaikan pemerintah agar mampu mengurangi dampak buruk.

"Ikuti semua petunjuk yang diberikan demi menghindari risiko terjadinya korban bencana. Semoga Marapi kembali pulih seperti sedia kala," harapnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB bantu operasional Posko Siaga Marapi di Agam