Jubir: Wacana koalisi Anies-Ganjar respons dari elektabilitas Prabowo

id tkn, anies-ganjar,pilpres 2024,pemilihan presiden

Jubir: Wacana koalisi Anies-Ganjar respons dari elektabilitas Prabowo

Juru Bicara (Jubir) Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Andre Rosiade saat diwawancarai awak media massa di Padang. (Antara/Muhammad Zulfikar).

Kabupaten Agam (ANTARA) - Juru Bicara (Jubir) Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Andre Rosiade menilai wacana koalisi pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan Ganjar Pranowo-Mahfud MD merupakan respons dari kedua kubu tersebut menyikapi elektabilitas Prabowo yang unggul jauh.

"Komunikasi politik yang dilakukan pasangan calon 01 dan 03 ini menunjukkan bahwa kedua kubu mengakui Prabowo bisa menang satu putaran," kata Jubir TKN Andre Rosiade di Kabupaten Agam, Selasa.

Menurut Andre yang juga anggota Komisi VI tersebut, ide koalisi ini mencuat untuk mengantisipasi elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran yang mengungguli dua kompetitornya.

"Pasangan 01 dan 03 tidak mungkin bertemu kalau Pak Prabowo unggul tebal," kata Andre yang juga Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Provinsi Sumbar tersebut.

Saat ini, lanjut dia, elektabilitas pasangan calon 02 mendekati angka 50 persen. Bahkan, beberapa lembaga survei menunjukkan elektabilitas pasangan tersebut sudah di atas 50 persen.

Oleh karena itu, TKN menganalisa wacana koalisi kubu Anies-Muhaimin bersama kubu Ganjar-Mahfud tersebut merupakan bentuk respons politik dalam upaya mengalahkan Prabowo Subianto.

"Ini hikmah bagi demokrasi. Karena kita tidak menyangka 01 dengan 03 yang bagaikan minyak dan air bisa bertemu," ucap dia.

Sementara itu, pakar politik dari Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat Prof Asrinaldi menilai wacana pembentukan koalisi kubu Anies-Muhaimin dengan Ganjar-Mahfud Md merupakan bentuk sinyal perlawanan, sekaligus langkah untuk mengantisipasi terjadinya potensi kecurangan pemilu.

"Dalam tanda kutip ya, ini sikap perlawanan dari pasangan calon 01 dan 03 terhadap pihak yang menjanjikan netralitas namun tidak seperti yang diharapkan," kata Asrinaldi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jubir: Wacana koalisi Anies-Ganjar respons dari elektabilitas Prabowo