Jasa Raharja jamin korban tabrakan kereta api terima santunan

id Jasa Raharja

Jasa Raharja jamin korban tabrakan kereta api terima santunan

Pihak Jasa Raharja bersama stakeholder lainnya berkoordinasi terkait korban kecelakaan kereta api. (Antara/HO-Humas Jasa Raharja).

Padang (ANTARA) - Jasa Raharja menjamin seluruh korban tabrakan antara Kereta Api Turangga dengan kereta lokal Commuter Line Bandung Raya yang terjadi di lintas Haurpugur- Cicalengka, Km 181+700, Bandung, Jawa Barat pada Jumat (5/1) menerima santunan.

"Seluruh korban terjamin UU Nomor 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Umum. Sebagaimana Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 15 Tahun 2017, korban meninggal dunia mendapat santunan dari Jasa Raharja sebesar Rp50 juta yang diserahkan kepada ahli waris sah," kata Direktur Operasional Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Padang, Jumat.

Kemudian, kata dia, untuk korban luka pihaknya juga telah menerbitkan jaminan biaya rawatan (guarantee letter) sebesar maksimal Rp20 juta yang dibayarkan kepada pihak rumah sakit tempat korban dirawat.

Santunan sebagai perlindungan dasar itu merupakan salah satu wujud kehadiran negara terhadap masyarakat. Jasa Raharja, sebagai BUMN yang menjalankan amanat tersebut, berkomitmen untuk terus berupaya memberikan pelayanan terbaik, mudah, cepat, dan tepat.

"Begitu mendapat informasi kecelakaan itu, kami langsung merespons cepat. Petugas Jasa Raharja langsung berkoordinasi dengan kepolisian dan instansi terkait untuk melakukan pendataan korban guna percepatan penyerahan santunannya," papar Dewi.

Atas musibah tersebut, Jasa Raharja menyampaikan turut prihatin serta duka cita yang mendalam.

"Semoga keluarga yang ditinggalkan mendapat ketabahan dan korban yang tengah mendapat perawatan segera disembuhkan," ungkap Dewi.

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 06.03 WIB. itu, menyebabkan tiga orang meninggal dunia dan 21 korban mengalami luka-luka. Para korban sudah dievakuasi ke RSUD Cicalengka, RS Kesehatan Kerja, dan RS AMC.