Round up - Kampanye hari ke-35 paslon berkontemplasi sejarah hidup

id Pemilu 2024,Pilpres 2024,Kampanye anies ,Kampanye muhaimin ,Kampanye Prabowo ,Kampanye gibran ,Kampanye ganjar ,Kampanye

Round up - Kampanye hari ke-35 paslon berkontemplasi sejarah hidup

Warga duduk di dekat baliho sosialisasi tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 yang terpajang di Pasar Barito, Kota Ternate, Maluku Utara, Kamis (14/12/2023). Baliho sosialisasi pilpres tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada pilpres, 14 Februari 2024. ANTARA FOTO/Andri Saputra/Spt.

Jakarta (ANTARA) - Kampanye Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pada hari ke-35, Senin (1/1), dimanfaatkan ketiga pasangan calon (paslon) untuk berkontemplasi dengan sejarah hidup sekaligus menyuarakan visi dan misi kepada masyarakat di wilayah barat dan tengah Indonesia.

Calon Presiden RI Anies Rasyid Baswedan berada di Yogyakarta untuk berziarah di makam ayahnya dan menapaktilasi sejarah hidup kakeknya yang merupakan pahlawan nasional, sedangkan Calon Wakil Presiden RI Muhaimin Iskandar mempunyai agenda pribadi untuk mengawali tahun baru.

Aktivitas paslon lain, Calon Presiden RI Prabowo Subianto memilih tetap berada di Jakarta dengan agenda pribadi, sementara Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka berkampanye di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Sementara itu, Calon Presiden RI Ganjar Pranowo memilih untuk berkampanye di sekitar Kota Semarang, Jateng, sedangkan Cawapres Mahfud Md. memiliki agenda pribadi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Berikut rangkuman kegiatan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada hari ke-35 kampanye.

Baca juga: Anies teringat pesan ayahnya yang relevan untuk membawa perubahan

Baca juga: Anies tapak tilas perjuangan masa lalu di rumah AR Baswedan


Anies-Muhaimin

Anies mengawali tahun baru dengan berziarah ke makam ayahnya, Rasyid Baswedan, di kompleks Pemakaman Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Di tempat itu, Anies teringat pesan sang ayah yang masih relevan dengan kondisinya sebagai capres untuk membawa perubahan.

Ayahnya mengatakan kepada Anies bahwa jika ingin hidup nyaman, tidak perlu melakukan kegiatan apa pun. Namun, bila ingin terlibat di tengah masyarakat, jangan pernah khawatir dengan apa yang dikatakan orang lain.

Setelah berziarah, Gubernur DKI Jakarta periode 2017—2022 itu melanjutkan perjalanan untuk menapaktilasi rumah sang kakek, Abdurahman (AR) Baswedan, di Taman Yuwono, Jalan Dagen Nomor 19 Yogyakarta guna mengenang perjuangan masa lampau dari pahlawan nasional kemerdekaan Indonesia itu.

Anies tampak menelusuri setiap sudut ruangan di rumah tersebut bersama keluarganya sambil berfoto di sejumlah ruangan yang penuh kenangan.

Berdasarkan informasi dari Timnas AMIN, Cawapres RI Muhaimin Iskandar tidak memiliki jadwal kampanye dan hanya mengisi awal tahun dengan aktivitas pribadi.

Baca juga: Prabowo kosongkan jadwal, Gibran di Sragen pada hari ke-35 kampanye

Baca juga: Gibran awali tahun 2024 dengan kampanye di hadapan emak-emak Sragen


Prabowo-Gibran

Pada hari Senin (1/1), Capres RI Prabowo yang juga Menteri Pertahanan itu mengosongkan jadwal kampanye berdasarkan keterangan dari Tim Kampanye Nasional (TKN).

Cawapres RI Gibran Rakabuming Raka berada di Kabupaten Sragen, Jateng, untuk berkampanye di hadapan ribuan emak-emak di Pasar Gemolong pada siang hari.

Di pasar tersebut, Gibran sempat menyapa masyarakat yang sedang senam gemoy, serta mengapresiasi perkembangan jalan Solo-Purwodadi yang telah rampung mulai Kalijambe hingga Gemolong.

Anak pertama dari Presiden RI Joko Widodo itu tak lupa untuk menyampaikan selamat tahun baru dan mengimbau masyarakat agar tidak percaya dengan informasi bohong atau hoaks yang beredar di media sosial.

Selain itu, Gibran bersama rombongan tim kampanye juga mengecek harga kebutuhan pokok dan berdialog dengan pedagang di Pasar Gemolong.

Dari pasar, Gibran melanjutkan perjalanan untuk berdialog dengan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta pedagang dan petani hutan.

Saat berdialog dan menyerap aspirasi itu, Gibran memandang perlu sosialisasi program bantuan modal yang ternyata belum menyasar ke seluruh pelaku UMKM.

Gibran mengatakan bahwa pihaknya akan menerapkan program inkubasi untuk membantu UMKM seperti di Kota Solo bila memenangi Pilpres 2024 bersama Prabowo.

Gibran juga sempat menjelaskan soal aturan pedagang kaki lima (PKL) yang tidak boleh berjualan di sembarang tempat kepada para pelaku usaha.

Baca juga: Ganjar dengarkan keluhan masyarakat terkait kenaikan harga beras

Baca juga: Ganjar luncurkan program GratisIn di hari ke-35 kampanye


Ganjar-Mahfud

Pada hari pertama tahun ini, Capres RI Ganjar Pranowo menghadiri makan siang bersama Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud dan jaringan sukarelawan di salah satu hotel di Kota Semarang, Jateng.

Ganjar menghadiri bazar minyak goreng murah di GOR Satria, Kota Semarang. Dalam kegiatan itu, Ganjar juga mendengar keluhan masyarakat terkait kenaikan harga beras sekaligus berharap bazar murah bisa mengurangi beban masyarakat untuk membeli kebutuhan pokok.

Setelah menghadiri bazar, di lokasi yang sama, mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga menyaksikan langsung deklarasi dukungan dari Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso (Apmiso) di GOR Satria, Kota Semarang.

Dalam kegiatan deklarasi itu, Ganjar menjanjikan harga daging murah bila memenangi Pilpres 2024.

Ganjar melanjutkan aktivitas kampanye dengan meluncurkan program GratisIn untuk memenuhi kebutuhan internet supercepat, gratis, dan merata di seluruh Indonesia pada hari ke-35 kampanye.

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan bahwa sasaran dari program itu adalah para pelajar dari keluarga tidak mampu yang kerap kesulitan untuk mengakses informasi dari dunia maya karena mahalnya harga kuota internet.

Berdasarkan informasi dari Tim Pemenangan Nasional (TPN), Cawapres RI Mahfud Md. memilih untuk mengosongkan jadwal kampanye di awal tahun ini.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Round up - Kampanye hari ke-35 paslon berkontemplasi sejarah hidup