Karang Taruna Ophir Pasaman Barat bantu kelancaran pelaksanaan Natal

id Natal, pasaman barat, pemuda Ophir

Karang Taruna Ophir Pasaman Barat bantu kelancaran pelaksanaan Natal

Pemuda Karang Taruna Ophir, Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat saat ikut mengamankan perayaan Natal 2023 sebagai bentuk toleransi antar umat beragama. Antara/HO-dokumen pribadi.  ​​​​​​​

Simpang Empat,- (ANTARA) - Pemuda Karang Taruna Nagari Ophir, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) ikut menyukseskan pelaksanaan Natal 2023 dengan membantu pengamanan kendaraan bermotor di gereja yang ada di daerah itu sebagai bentuk toleransi antar-umat beragama.

Ketua Karang Taruna Nagari Ophir Wisnu A. Utama di Ophir, Selasa, mengatakan selain mengatur parkir, pihaknya juga membantu pengaturan lalu lintas di sekitar gereja sejak tahapan Natal pada Minggu (24/12).

"Kegiatan rutinitas tahunan yang dilakukan oleh Pemuda Karang Taruna Nagari Ophir sebagai bentuk toleransi antar-sesama yang dilakukan oleh masyarakat dan pemuda pemudi lintas agama," katanya.

Baca juga: Polres Pasaman Barat siap amankan Natal

Menurutnya, keberagaman suku, budaya dan keyakinan di Kenagarian Ophir, Kecamatan Luhak Nan Duo sangat terlihat, bahkan Nagari Ophir sering disebut miniatur Indonesia.

Ia menyebutkan pelaksanaan ibadah Natal Tahun 2023 dilaksanakan di tiga gereja yang berada di wilayah Nagari Ophir, Kecamatan Luhak Nan Duo, yakni Gereja Katholik St. Yohanes Pembabtis, Gerja GPIB Effata dan Gereja GPDI El-Shaddai.

"Ratusan umat Kristiani Nagari Ophir mulai melaksanakan ibadah Natal sejak Minggu (24/12) malam dan Senin (25/12) di tiga gereja yang ada di Kenagarian Ophir," sebutnya.

Dia menjelaskan sebagai wujud toleransi antar-umat beragama, pihaknya menurunkan 30 orang pemuda untuk membantu pengamanan kendaraan bermotor dan pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi gereja.

Aksi sosial yang dilakukan oleh para Pemuda Karang Taruna Ophir yang beragama Muslim itu, katanya, sebagai bentuk memberikan kenyamanan, keamanan dan kelancaran kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah Natal.

"Kegiatan yang sama juga dilakukan setiap tahunnya oleh masyarakat dan pemuda Kristiani, saat pelaksanaan Shalat Idul Fitri dan Idul Adha di sejumlah masjid yang ada di Nagari Ophir," katanya.

Ia berharap kepada generasi muda tanamkan jiwa sosial sejak dini, sekecil apapun kegiatan positif yang dilakukan pastinya akan memberikan manfaat untuk orang banyak, khususnya masyarakat Nagari Ophir dan sekitarnya.

Baca juga: Warga Pasaman Barat terkejut akibat gempa di Mandailing Natal

Baca juga: Kemendag dorong subsidi ongkos angkut selama Natal dan tahun baru


"Semoga aksi sosial ini dapat terus berlanjut hingga generasi penerus berikutnya, sehingga rasa kekeluargaan, kebersamaan dan silaturahim dalam hidup keberagaman dapat terjalin seterusnya," ujarnya.

Selain pemuda lintas agama, pengamanan Natal tahun 2023 juga dilakukan oleh petugas keamanan dari Polres Pasaman Barat dan Koramil 02/Simpang Empat Kodim 0305/Pasaman, serta instansi terkait dari Pemerintah Daerah Pasaman Barat.

"Pelaksanaan Natal 2023 berjalan aman, lancar dan kondusif, " katanya.