Bawaslu Agam ajak Panwaslu Kecamatan maksimalkan pengawasan kampanye

id Bawaslu Agam,Berita agam,Berita sumbar

Bawaslu Agam ajak Panwaslu Kecamatan maksimalkan pengawasan kampanye

Peserta rapat koordinasi penyelenggaraan penanganan pelanggaran logistik dan pengelolaan barang dugaan pelanggaran di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung, Kamis. (21/12). Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengajak Panwaslu Kecamatan untuk memaksimalkan pengawasan kampanye dalam mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu.

"Maksimalkan pengawasan kampanye dalam mencegah terjadinya pelanggaran," kata Ketua Bawaslu Agam Suhendra saat rapat koordinasi penyelenggaraan penanganan pelanggaran logistik dan pengelolaan barang dugaan pelanggaran di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung, Kamis.

Ia mengatakan, dalam melakukan pengawasan kampanye tersebut tetap mengutamakan pencegahan pelanggaran.

Setelah itu gunakan bahasa yang baik dan tetap menjalin hubungan dengan peserta Pemilu.

"Ini sangat penting kita lakukan, agar selalu terjalin hubungan silaturahmi yang baik. Anggota Panwaslu Kecamatan juga diminta menjaga kesehatan," katanya.

Ia menambahkan, selama kampanye ada tiga dugaan pelanggaran kampanye. Dari tiga pelanggaran tersebut, satu merupakan temuan dan dua laporan.

"Saat ini pelanggaran tersebut masih kita proses," katanya.

Ia mengakui peserta rapat koordinasi diadakan dari 20-21 Desember 2023 itu berasal dari Bawaslu Agam, Panwaslu Kecamatan dan lainnya. Sementara narasumber dari komisioner KPU Agam, Bawaslu Agam dan mantan Ketua Bawaslu Agam.

Sementara mantan Ketua Bawaslu Agam Elvys mengatakan Bawaslu berkewajiban untuk melengkapi alat bukti

"Kewajiban Bawaslu melengkapi barang bukti dan jangan sampai menolak laporan kecuali ada aturan," katanya.