Ahmad Taufan Damanik: Konflik Papua harus utamakan dialog damai

id konflik papua, dialog damai, damai papua,pilpres 2024,debat capres, pemilu, pilpres

Ahmad Taufan Damanik: Konflik Papua harus utamakan dialog damai

Ahmad Taufan Damanik saat diwawancarai media massa di Jakarta. ANTARA/Muhammad Zulfikar

Padang (ANTARA) - Panelis debat calon presiden (capres) 2024 Ahmad Taufan Damanik mengatakan penyelesaian berbagai konflik di Tanah Papua harus mengedepankan dialog damai bukan penambahan kekuatan militer.

"Dialog damai ini muncul karena selama ini pendekatan keamanan tidak menjawab masalah," kata panelis debat capres 2024 Ahmad Taufan Damanik saat dihubungi di Padang, Rabu.

Justru, kata dia, kekerasan di Tanah Papua makin meningkat dengan adanya pendekatan keamanan. Oleh karena itu, apabila ada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden berpikir untuk meneruskan atau meningkatkan pendekatan keamanan, maka hal itu tidak sejalan dengan kebijakan pemerintah saat ini.

Dengan kata lain, ujar dia, apabila tetap mengedepankan penguatan keamanan atau militer, maka sama saja kebijakan tersebut tidak selaras dengan pendekatan yang sudah dikerjakan kepala negara melalui Komnas HAM.

Saat masih menjabat sebagai Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Taufan telah menyiapkan dialog damai guna menyelesaikan masalah di Papua. Ide itu muncul setelah berdiskusi dengan pemerintah.

Pada saat itu Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md bersama Menteri Sekretaris Negara Praktikno untuk terus berkoordinasi dengan Komnas HAM.

"Kemudian Komnas HAM lah yang maju untuk berunding dengan OPM, tokoh agama dan Majelis Rakyat Papua," kata Taufan yang pernah didapuk sebagai Indonesia Representative of Child Rights to the Asean Commission on the Promotion and Protection on the rights of Women and Children (ACWC) periode 2013-2016.

Ia menegaskan dialog damai tersebut terbukti mampu membuka ruang diskusi dengan kelompok kriminal bersenjata. Upaya itu juga mendapat dukungan dari berbagai tokoh agama.

Terakhir ia mendorong siapa saja presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 yang terpilih, maka upaya dialog damai harus terus dilakukan guna menyelesaikan konflik di Bumi Cenderawasih.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ahmad Taufan Damanik: Konflik Papua harus utamakan dialog damai