KPU Agam lakukan berbagai upaya agar partisipasi pemilih mencapai target pusat

id KPU Agam,Berita agam,Berita sumbar

KPU Agam lakukan berbagai upaya agar partisipasi pemilih mencapai target pusat

Ketua KPU Agam Hendra Susilo sedang membuka sosialisasi Pemilu kepada stakeholder dan peserta Pemilu 2024 di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung, Sabtu (18/11). Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatra Barat melakukan berbagai upaya agar partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 nanti mencapai target KPU Republik Indonesia sebesar 77,5 persen.

"Upaya yang kita lakukan secara eksternal dan internal secara masif menjelang hari pemilihan," kata Ketua KPU Agam Herman Susilo saat sosialisasi Pemilu kepada stakeholder dan peserta Pemilu di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung, Sabtu (18/11).

Ia mengatakan, secara eksternal meminta bantuan dari luar atau stakeholder berupa Pemkab Agam, Kepolisian, TNI, partai politik dan lainnya untuk membantu dalam menyosialisasikan pelaksanaan Pemilu.

Setelah itu, mengajak para pemilih untuk hadir saat hari pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Dukungan stakeholder ini sangat kami butuhkan agar partisipasi pemilih mencapai target KPU RI," katanya.

Ia menambahkan, secara internal memperkuat sosialisasi mulai dari KPU, PPK dan PPS ke masyarakat dan pemilih pemula.

Saat ini, tambahnya, KPU Agam melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula di sekolah-sekolah.

Kedepan, sosialisasi ini akan intens diadakan di sekolah maupun masyarakat, karena ada indikator pemantauan melalui sistem informasi partisipasi masyarakat,

"Di aplikasi ini bisa melihat berapa banyak KPU mengadakan sosialisasi, jumlah peserta, darimana asal peserta dan lainnya," katanya.

Ia menambahkan, KPU, PPK dan PPS juga membantu pemilih apabila tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sementara Waka Polres Agam AKBP Adrizal Gucci menambahkan Polres Agam siap mengamankan pelaksanaan Pemilu agar berjalan dengan baik.

"Ini sudah komitmen kami dalam menyukseskan Pemilu 2024," katanya.