Polda Sumbar resmikan Satpolairud Pariaman optimalkan pengawasan

id Polda Sumbar,Satpolairud Polres Pariaman,Berita pariaman,Berita sumbar

Polda Sumbar resmikan Satpolairud Pariaman optimalkan pengawasan

Dirpolairud Polda Sumbar Kombes Pol Sahat M. Hasibuan bersama Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Pariaman Alfian mewakili Penjabat Wali Kota Pariaman terlihat menarik tali tirai papan nama Satpolairud Polres Pariaman saat peresmian di Pariaman, Rabu (15/11/2023). ANTARA/Aadiaat M. S.

Pariaman (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) meresmikan Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Kota Pariaman guna mengoptimalkan pengawasan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres setempat.

"Sebelumnya masih berupa Pos Polairud di bawah jajaran Polisi Sektor Pariaman, namun sekarang sudah menjadi Satpolairud," kata Dirpolairud Polda Sumbar Kombes Pol. Sahat M. Hasibuan saat peresmian Satpolairud Polres Pariaman di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan sebelumnya saat Pariaman bagian dari Kabupaten Padang Pariaman daerah itu sudah memiliki Satpolairud namun karena mengalami pemekaran pada 2002 maka Satpolairud ikut dibawa oleh Polres Padang Pariaman.

Ia menyampaikan pengusulan adanya Satpolairud di Pariaman sudah lama dilakukan pihaknya namun baru disetujui oleh markas besar Polri.

Namun, lanjutnya meskipun selama ini di Pariaman masih berupa Pos Polairud namun jajaran tersebut sudah bekerja baik dengan menjalin kerjasama dengan semua pihak khususnya Pemerintah Kota Pariaman dan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.

Ia berharap dengan adanya Satpolairud di Pariaman maka dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat apalagi daerah itu merupakan kawasan wisata yang ramai dikunjungi wisatawan khususnya saat batabuik dan akhir pekan.

"Semakin ramai wisatawan maka dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Pada kesempatan itu ia menekankan kepada jajaran Polres Pariaman untuk melakukan pembenahan bangunan pos guna menyesuaikan dengan kantor Satpolairud.

Kapolres Pariaman AKBP Abdul Azis mengatakan keberadaan Satpolairud di daerah itu sudah lama dinantikan oleh masyarakat guna membantu warga yang tinggal di perairan dan mencegah penangkapan ikan ilegal.

"Oleh karena itu kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh unsur forum komunikasi pimpinan daerah dan pemangku kepentingan lainnya yang sudah membantu terbentuknya Satpolairud ini," ujarnya.

Ia mengatakan dengan perubahan dari pos menjadi Satpolairud tersebut maka pihaknya akan membenahi kantor serta sarana dan prasarana lainnya guna mengoptimalkan kinerja dalam membantu masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Pariaman Alfian mewakili Penjabat Wali Kota Pariaman mengapresiasi kepolisian yang telah menaikkan status Polairud dari pos menjadi satuan.

"(Satpolairud) ini juga sejalan dengan visi dan misi Pariaman sebagai kota wisata dan banyak pulau yang diperlukan penjagaan," tambahnya.