Wawako Solok minta tim medis gencarkan deteksi dini berbagai jenis penyakit

id Wawako Solok, minta tim medis, gencarkan, deteksi dini berbagai, jenis penyakit

Wawako Solok minta tim medis gencarkan deteksi dini berbagai jenis penyakit

Wawako Solok Ramadhani Kirana Putra saat menyerahkan penghargaan berhenti merokok (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra meminta kepada setiap tim medis di daerah setempat gencar melakukan deteksi dini berbagai masalah kesehatan dan penyakit baik fisik maupun jiwa.

"Manusia yang sehat dan cerdas adalah kunci mencapai masa keemasan itu," kata Ramadhani di Solok, Rabu.

Ia menjelaskan setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak, sebagaimana amanat UUD 1945.

"Berdasar mandat itulah, enam pilar transformasi kesehatan penopang sistem kesehatan Indonesia harus kita bangun bersama dengan serius dan terus menerus," ucap dia.

Pelayanan primer harus memberikan akses layanan kesehatan dasar kepada seluruh masyarakat, dengan mengedepankan layanan promotif dan preventif berdasarkan siklus hidup manusia.

Pada kesempatan itu, Wawako juga berpesan agar gencar melakukan pencegahan dan deteksi dini terhadap berbagai masalah kesehatan dan penyakit, baik fisik maupun jiwa.

"Lengkapi Sumber Daya Manusia (SDM) di Puskesmas, Puskesmas Pembantu (Pustu), dan Laboratorium Kesehatan Masyarakat (Labkesmas). Dan, penuhj hakhak mereka secara adil dan berkelanjutan," pesan Menkes yang dibacakan Wawako.

Selain itu, ia juga berpesan agar tim kesehatan melatih kader Posyandu sesuai standar keterampilan supaya dapat menjangkau dan mengedukasi seluruh lapisan masyarakat.

Wawako Solok juga berpesan untuk memeberikan pelayanan kesehatan yang prima ke masyarakat maka harus melakukan pembangunan Puskesmas, Pustu, Labkesmas baru, sediakan lahan yang legal, aman, dan memadai.

"Kemudian, laksanakan dan laporkan pelayanan melalui sistem informasi secara digital, agar kita dapat memantau kondisi kesehatan wilayah setempat," katanya.