Universitas Andalas perkuat riset untuk wujudkan kampus kelas dunia

id World class university, kampus kelas dunia, universitas Andalas,padang

Universitas Andalas perkuat riset untuk wujudkan kampus kelas dunia

Wakil Rektor I Prof Mansyurdin saat diwawancarai awak media massa di Padang. (Antara/Muhammad Zulfikar).

Padang (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat terus memperkuat hasil-hasil riset para dosen di perguruan tinggi tersebut dalam rangka mewujudkan kampus kelas dunia atau world class university.

"Sebagai perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH), fokus utama dan kekuatan Unand berada pada bidang riset," kata Wakil Rektor I Prof Mansyurdin di Padang, Rabu.

Hal tersebut disampaikan Prof Mansyurdin usai menerima kunjungan dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang menggali informasi terkait pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) PTNBH, prosedur operasional standar, dan pendirian kampus di luar kampus utama.

Menurut Prof Mansyurdin, saat ini perguruan tinggi yang diresmikan oleh Wakil Presiden RI Mohammad Hatta tersebut berada pada posisi teratas untuk kategori IKU lima. Capaian itu tidak lepas dari berbagai hasil riset yang telah dilakukan Unand.

Senada dengan itu, Wakil Rektor IV Unand Hefrizal Handra mengatakan Unand terus berupaya untuk melakukan lonjakan yang signifikan dalam bidang riset, pendidikan dan lain sebagainya.

Saat ini, Unand mulai menggeser perankingan universitasnya dari yang awalnya berpedoman pada Quacquarelli Symonds Asian University Rankings (QS dan THE AUR), beralih ke QS dan THE WUR.

Salah satu cara yang dilakukan kampus itu yakni meningkatkan publikasi dengan memberikan insentif kepada para dosen. Tidak hanya itu, Unand juga memberikan apresiasi pada sepuluh fakultas yang paling banyak melakukan kerja sama secara lokal, nasional dan internasional.

Sementara itu, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Unesa Prof Haris Supratno mengatakan kedatangannya ke Unand untuk menggali tata cara mengelola kampus yang sudah berstatus PTNBH, termasuk mekanisme mengelola kampus di luar kampus utama.

"Kami berharap dapat saling belajar bersama dalam pengelolaan PTNBH, pencapaian IKU, dan strategi lain untuk kemajuan kampus," harap dia.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Universitas Andalas perkuat riset untuk wujudkan kampus kelas dunia