Pemkab Pessel telah salurkan 82.500 BPJS gratis untuk masyarakat kurang mampu

id Pemkab Pessel,berita pessel,berita sumbar,Bupati Rusma Yul Anwar,JKN KIS

Pemkab Pessel telah salurkan 82.500 BPJS gratis untuk masyarakat kurang mampu

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar salurkan 82.500 BPJS gratis untuk masyarakat kurang mampu(ANTARA/HO-Pemkab Pessel)

Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) telah menyalurkan sebanyak 82.500 jiwa penerima BPJS gratis atau JKN KIS melalui anggaran APBD daerah setempat sejak 2 tahun belakangan ini.

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar mengatakan bahwa pemerintah daerah telah mengupayakan penggunaan anggaran semaksimal mungkin terutama untuk jaminan kesehatan bagi masyarakatnya.

Dimana, sejak tahun 2022 sampai tahun ini pemerintah daerah melalui dana APBD telah menganggarkan Rp11 miliar untuk penerima JKN KIS dengan total penerima sebanyak 29.166 jiwa.

Kemudian tambahnya, untuk tahun ini pemerintah daerah menguncurkan anggaran sebesar Rp26 miliar dengan total penerima bantuan sebanyak 67.500 jiwa.

"Setelah itu di anggaran perubahan kita tambah lagi anggarannya sebesar Rp9 miliar dengan total penerima sebanyak 15.000 jiwa. Jadi total keseluruhan penerima ada sebanyak 82.500 jiwa,"sebut Bupati Rusma Yul Anwar saat memberikan bantuan BPJS JKN KIS secara simbolis di Puskesmas Ranah Pesisir, Selasa (17/10).

Diketahui, untuk kecamatan Ranah Pesisir Bupati Rusma Yul Anwar memberikan bantuan BPJS JKN KIS kepada masyarakat sebanyak 2.041 jiwa.

"2.041 jiwa yang diserahkan hari ini terdapat dari 10 Nagari di Kecamatan Ranah Pesisir. Berikutnya menyusul kecamatan lainnya di Pessel,"ujarnya.

Lanjutnya, untuk tahun 2024 pemerintah daerah akan berupaya melakukan penambahan penerima lagi. Agar seluruh masyarakat didaerahnya itu dapat menikmati kesehatan gratis sesuai dengan visi misinya saat mencalonkan diri sebagai Bupati Pessel.

"Tahun depan kita upayakan penambahan, insyaallah akan lebih banyak lagi,"tutupnya.