Sambangi Kesbangpol, Sabar AS Bicarakan Partisipasi Pemilih

id Kesbangpol pasaman,Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS,berita pasaman,berita sumbar

Sambangi Kesbangpol, Sabar AS Bicarakan Partisipasi Pemilih

Wabup Pasaman Sabar AS bersama jajaran Kesbangpol Pasaman saat melakukan kunjungan silaturahmi ke kantor itu, Selasa.

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS melakukan kunjungan dan diskusi di kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pasaman di Lubuk Sikaping, Selasa.

Sabar mengatakan untuk menjaga dan meningkatkan silaturahmi antara atasan dan bawahan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Khusus untuk Kantor Kesbangpol, ingin mengingatkan jajaran itu terkait beban tugas ke depan, yaitu Pemilu 2024 yang puncaknya akan digelar Februari mendatang," kata Sabar AS.

Dikatakan Sabar, Kesbangpol memiliki tugas dan tanggung jawab untuk meningkatkan partisipasi pemilih, dalam ajang politik yang digelar sekali lima tahun itu.

"Baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Secara kuantitatif bagaimana upaya agar sebanyak mungkin masyarakat yang punya hak suara untuk menggunakan hak suaranya," katanya.

Sementara secara kualitatif, dijelaskan Sabar, bagaimana para calon pemilih menggunakan hak pilihnya secara otonom, bukan karena dimobilisasi atau oleh sebab-sebab sempit dan dangkal lainnya.

"Bagaimana calon pemilih dalam menggunakan hak pilihnya lebih didorong keinginan untuk menghadirkan pemimpin yang baik, yang diyakini akan mampu melakukan perubahan dan perbaikan," sebutnya.

Untuk mencapai itu semua, menurut Sabar, perlu sosialisasi dan edukasi yang intens dan terus-menerus.

"Tugas semacam ini merupakan tanggung jawab Kesbangpol," kata Sabar.

Sekretaris Kesbangpol Pasaman, Muhammad Isnaini SIP MM mengaku kunjungan Wabup Sabar ke kantornya merupakan surprise tersendiri bagi seluruh pimpinan dan jajaran di kantor ini.

Dikatakan Isnaini, sering kepala dan wakil kepala daerah mendatangi OPD-OPD yang ada di lingkup Pemkab Pasaman, tapi sejauh ini Kantor Kesbangpol belum pernah didatangi.

"Kunjungan ini diharapkan menjadi sumber motivasi baru bagi jajaran Kesbangpol Pasaman untuk bekerja lebih baik lagi sesuai dengan tupoksi yang ada," tutupnya.