Badan Kesbangpol Pasaman Barat sasar pemilih perempuan

id Sosialisasikan Pemilu ke perempuan,pasamanbarat

Badan Kesbangpol Pasaman Barat sasar pemilih perempuan

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Ormas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pasaman Barat Rosidi saat memberikan sosialisasi kepada kaum perempuan dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024. 

Simpang Empat (ANTARA) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barar menyasar pemilih perempuan sebagai upaya meningkatkan partisipasi Pemilu 2024, dengan menggelar sosialisasi tahapan pesta demokrasi tersebut.

"Sangat penting sekali pemilih perempuan untuk terlibat dalam Pemilu 2024," kata Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Ormas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pasaman Barat Rosidi di Simpang Empat, Jumat.

Menurutnya pemilih perempuan merupakan potensi besar yang perlu dimanfaatkan dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024 karena jumlahnya sangat banyak.

"Jumlah perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki. Ini signifikan, jika partisipasinya dalam pemilu semakin meningkat," ujarnya.

Kepada para perwakilan organisasi perempuan tersebut, Rosidi menjelaskan pentingnya memaksimalkan sosialisasi agar partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 lebih meningkat lagi.

"Saat ini sudah masuk tahapan Pemilu 2024. Kesbangpol Pasaman Barat terus berupaya meningkatkan partisipasi pemilih dengan menggelar sosialisasi di pemilih pemula, pemilih disabilitas, media massa, dan kini di segmen pemilih perempuan," katanya.

Selain itu ia menyampaikan pendidikan politik merupakan tanggung jawab seluruh elemen baik itu pemerintah, partai politik, masyarakat dan semua stakeholder yang ada harus berperan aktif untuk kehidupan politik yang demokratis, ulasnya

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Pasaman Barat Devi Irawan menyatakan banyak peran perempuan yang dapat dimaksimalkan dalam pemilu mendatang.

Ia menilai perempuan memiliki komunikasi yang baik dalam hal bersosialisasi dan sesama perempuan juga akan saling aktif berkomunikasi.

"Sehingga diharapkan perempuan dapat saling mengajak satu sama lainnya, untuk berpartisipasi menyukseskan Pemilu 2024," ujarnya

Sisi lain kaum perempuan efektif menjalankan peran sosialisasi, pengawasan, berpartisipasi dalam organisasi penyelenggara ad hoc serta ikut dalam kontestasi menuju parlemen.

"Apalagi, secara regulasi, negara sudah memberikan kesempatan secara khusus porsi keterwakilan perempuan. Maka harus dimanfaatkan kesempatan ini," katanya.

Karenanya, ia berharap, perwakilan perempuan yang hadir dalam sosialisasi tersebut dapat membantu Pemerintah dan KPU melakukan penyebaran informasi tahapan pemilu dan mengajak anggotanya atau masyarakat berpartisipasi dalam pesta demokrasi 2024.

Adapun, kegiatan sosialisasi pemilih perempuan oleh Kesbangpol Pasaman Barat tersebut diikuti oleh 105 orang perwakilan perempuan di Kecamatan Kinali dan hadir KPU Pasaman Barat dan Bawaslu Pasaman Barat sebagai narasumber.