Pemkab Solok buka peluang bagi investor majukan potensi pariwisata

id Pemkab Solok, buka peluang, bagi investor, untuk majukan, potensi pariwisata

Pemkab Solok buka peluang bagi investor majukan potensi pariwisata

Foto bersama Bupati Solok Epyardi Asda di objek wisata Bukik Cambai, Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumbar (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat, membuka peluang serta menjamin keamanan investasi bagi siapapun yang ingin menjadi investor untuk memajukan potensi pariwisata dan menggenjot perekonomian di daerah itu.

Bupati Solok Epyardi Asda di Solok, Minggu mengatakan pemerintah daerah sangat mendukung hadirnya investor di Kabupaten Solok. Bahkan Pemda juga menjamin keamanan investasi bagi siapapun yang ingin berinvestasi.

"Pemerintah akan memfasilitasi semua yang dibutuhkan oleh investor baik secara struktur maupun infrastruktur," kata dia.

Selain itu, pemerintah Kabupaten Solok juga ramah terhadap investor dan semua proses perizinan akan dipermudah sesuai dengan aturan dan ketetapan yang berlaku.

Epyardi juga menyebutkan bahwa daerahnya memiliki beragam potensi objek wisata alam nan indah dan mempesona yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Kabupaten Solok merupakan daerah yang potensial dengan hortikultura dan keindahan alamnya yang alami serta mempesona," ujar dia.

Selain berpotensi di bidang pertanian, Kabupaten Solok juga memiliki beragam potensi di bidang pariwisata.

Sekarang juga telah banyak menggeliat pembangunan objek-objek wisata, maka dari itu ia juga mengimbau kepada para investor bahwa di Kabupaten Solok bisa bebas dan mudah untuk berinvestasi karena semua izin akan dipermudah.

Sebelumnya, bupati Solok telah menerima kunjungan dari Mantan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Ketua Umum ASITA bersama rombongan dalam rangka melihat keindahan alam di daerah itu, Kamis (7/9).

Dalam kunjungan itu, bupati Solok mengajak rombongan untuk berkeliling dan menyaksikan langsung pemandangan empat danau, tiga gunung dan bukit barisan serta hamparan kawasan pertanian yang terlihat melalui puncak Bukit Chambai di Alahan Panjang.

Mantan Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar saat kunjungan mengatakan Solok memiliki keunikan alam yang hampir dibilang tiada duanya. Ia yakin jarang ada kabupaten yang memiliki pesona lima danau yang sangat besar dan memiliki keunikan tersendiri.

Menurutnya ini adalah rahmat dari Tuhan yang Maha Esa yang bisa dimanfaatkan untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Karena pariwisata itu dampak ikutan sangat tinggi, di mana melibatkan banyak pihak dalam pengembangannya.

"Apalagi di objek wisata Bukit Chambai ini memiliki nilai jual melalui pemandangan yang tidak bisa tergantikan, kita tidak bisa melihat ini ke tempat lain, kita harus datang ke sini dan pariwisata itu harus dialami bukan hanya melalui cerita saja," katanya.