RRI gelar Gerakan Cerdas Memilih untuk sukseskan Pemilu 2024

id RRI gelar Gerakan Cerdas Memilih,Pemilu 2024,Berita sumbar,Berita bukittinggi,LPP RRI Bukittinggi

RRI gelar Gerakan Cerdas Memilih untuk sukseskan Pemilu 2024

Kegiatan Gerakan Cerdas Memilih yang diselenggarakan RRI Bukittinggi untuk menyukseskan Pemilu 2024 (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) -

Bukittinggi (ANTARA) -

Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Bukittinggi, Sumatera Barar menyelenggarakan Gerakan Cerdas Memilih (GCM) sebagai langkah konkret dalam mendukung kesuksesan Pemilu 2024.

Acara ini digelar di halaman kantor LPP RRI Bukittinggi yang terletak di Aur Kuning, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, Kota Bukittinggi, Minggu.

Kegiatan dihadiri oleh kalangan pelajar tingkat SLTA se-Kota Bukittinggi, kelompok organisasi wanita, dan masyarakat umum. Forkopimda, KPU, dan Bawaslu yang berada di wilayah kerja RRI Bukittinggi.

Gerakan Cerdas Memilih menampilkan berbagai kegiatan menarik, dimulai dengan penampilan pantomim, menyanyikan lagu Indonesia Pusaka, tarian Gebyar Minang, dan perlombaan Baju Kurung Basiba khas budaya Minang.

Sebagai upaya edukasi bagi pemilih pemula dan masyarakat, acara ini juga menghadirkan dialog interaktif bersama narasumber yang kompeten di bidang politik, antara lain dari akademisi UIN Sjeh M Djamil Djambek, Hardi Putra Wirman, Ketua KPU Bukittinggi, Satria Putra, dan Ketua HMI Cabang Bukittinggi Agus Wiranata.

Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi, Martias Wanto, saat membuka acara ini, mengungkapkan apresiasi kepada LPP RRI Bukittinggi atas inisiatif menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Ia mengatakan kegiatan ini menandakan bahwa suksesnya Pemilu 2024 bukan hanya tanggung jawab KPU, tetapi tugas merupakan tugas bersama masyarakat.

"Ada beberapa segmen yang harus kita persamakan, sehingga pelaksanakan pemilu itu dapat berjalan sukses dan lancar," kata Martias Wanto.

Ia juga menegaskan pentingnya masyarakat untuk mengingatkan anggota keluarganya yang sudah terdaftar sebagai pemilih agar menggunakan hak pilihnya pada Pemilu nanti.

"Pada tanggal 14 Februari 2024 nanti, kita akan memberikan partisipasi, kita akan menentukan siapa yang akan mengurus Republik Indonesia ini, mulai dari pusat hingga ke Bukittinggi ini," kata dia.

Martias Wanto menegaskan bahwa satu suara dari masyarakat sangat berpengaruh dalam menentukan pemimpin negara.

Ia berharap bahwa melalui Gerakan Cerdas Memilih ini, masyarakat dapat lebih sadar akan hak pilihnya dan aktif dalam proses demokrasi pada Pemilu mendatang.

Sementara itu, Kepala LPP RRI Bukittinggi, Yulian S. Saaba, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya RRI untuk mensosialisasikan pentingnya Pemilu kepada masyarakat, termasuk kepada pemilih pemula.

Kegiatan ini juga mengundang partisipasi kelompok organisasi wanita untuk menyebarkan informasi mengenai Pemilu.

"Karena ibu-ibu ini memiliki peran penting di keluarganya, oleh karena itu, mereka dapat mensosialisasikan Pemilu minimal ke keluarganya," kata dia.

Yulian juga menginformasikan bahwa Gerakan Cerdas Memilih tidak hanya diselenggarakan di Bukittinggi, tetapi juga diadakan serentak di seluruh satuan kerja RRI di berbagai daerah di Indonesia, sesuai dengan nota dinas RRI pusat.

Ia berharap bahwa dengan adanya Gerakan Cerdas Memilih ini, partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024 akan semakin meningkat dibandingkan dengan pemilu sebelumnya.

"Masyarakat juga diharapkan dapat menggunakan hak pilihnya dengan bijak sesuai dengan hati nurani dan pemahaman yang baik mengenai calon-calon yang maju pada Pemilu mendatang," pungkasnya.