Dua hari Kunker di Patomuan, Benny Utama tidur ditenda pinggir sungai

id Benny Utama,Los Pasar Silayang, Kecamatan Mapattunggul Selatan., Jorong Patomuan ,kunkerr bupati pasaman

Dua hari Kunker di Patomuan,  Benny Utama tidur ditenda pinggir sungai

Bupati Benny Utama saat mengambil ikan larangan bersama masyarakat Jorong Patomuan Nagari Muaro Sungai Lolo Kecamatan Mapat tunggul Selatan dari tanggal 5 sampai 6 agustus 2023 kemarin.(Ist)

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Bupati Pasaman, H. Benny Utama memboyong seluruh Kepala OPD selama dua hari dalam rangka kunjungan kerja ke Jorong Patomuan Nagari Muaro Sungai Lolo Kecamatan Mapat tunggul Selatan dari tanggal 5 - 6 Agustus 2023 kemarin.

Benny Utama bersama rombongan OPD juga berkesempatan meninjau Los Pasar Silayang, Kecamatan Mapattunggul Selatan.

"Los pasar yang cukup bagus tersebut dapat dipergunakan masyarakat untuk jual beli dan kegiatan masyarakat lainnya," kata Benny Utama.

Dalam kesempatan tersebut Benny Utama juga menyapa tokoh dan masyarakat setempat sambil mendengarkan aspirasi dari masyarakat.

Dengan memakai beberapa Motor Boat , Rombongan Bupati harus melewati derasnya sungai batang kampar yang ditempuh selama 4 jam perjalanan, tidak menyulitkan untuk hadir di daerah Patomuan tersebut.

Kehadiran Bupati Pasaman H.Benny Utama, beserta Asisten I ,Asisten II, Kepala OPD, Direktur Rumah Sakit Dr.Yong Marzuahaili , Kalpolsek Mapat Tunggul AKP. Gusmal termasuk beberapa Kabag, Kabid, dan ketinggalan juga hadir mantan Wakil Bupati Pasaman, Danil Lubis, disambut hangat oleh seluruh masyarakat Patomuan.

Hari pertama kehadiran Benny Utama didaerah tersebut dilaksanakan silaturahmi dengan aneka kegiatan masyarakat setempat yang diselenggarakan pada malam hari dipinggir sungai yang dilaksanakan di pinggir sungai.

Pada hari kedua kunjungan Bupati tersebut dilaksanakan pembukaan larangan pengambilan ikan sungai setempat yang dibuka langsung oleh Bupati Pasaman H.Benny Utama yang ditandai oleh pelemparan pertama jala oleh Benny Utama.

Ratusan warga setempat termasuk dari daerah lain yang datang mempergunakan perahu mesin, ikut ambil bagian pada pengambilan ikan larangan tersebut.

"Kami sangat puas dengan jumlah ikan sungai yang sangat banyak tersebut, dan dengan hadirnya Pak Benny ke daerah kami, menambah semangat bagi kami, sambil mengambil ikan," ungkap Yunis salah seorang warga setempat.

Jorong Patomuan jumlah penduduknya 169 KK, mempunyai Jumlah datuak 5 dari 5 suku yang ada, masing masing datuk ada yang mempunyai rumah tua atau rumah adat sebanyak 3 buah satu buah sekolah SD, SMP.

Sementara mata pencarian atau sumber perekonomian keluarga bersumber pada Perkebunan gambir, dan perkebunan lai nya.

Kepala Jorong Patomuan, Hermol juga menjelaskan, kegiatan pengambilan ikan larangan tersebut sebelumnya dilaksanakan 3 tahun yang lalu, sehingga kondisi ikan yang ada cukup besar dan jumlahnya cukup banyak, sementara Ikan Gariang mendominasi jenis ikan didaerah ini.

Benny Utama mengatakan pemerintah daerah Kabupaten Pasaman serius menjalankan visi dan misinya, diantaranya adalah dengan telah selesainya pengerjaan puluhan kilo meter jalan hotmix menuju daerah Muaro sungai lolo ditambah lagi saat ini sedang diupayakan penyelesaian beberapa kilo jalan yang tersisa.

"Dengan selesainya jalan tersebut, akan dapat meningkatkan roda perekonomian daerah tersebut, disamping itu nantinya akan dapat sama dengan daerah lain yang ada di Kabupaten Pasaman," kata Benny Utama.

Disamping itu Benny Utama juga memberikan perhatian khusus terhadap sektor keagamaan, itu ditandai dengan adanya bantuan secara pribadi pada masjid daerah tersebut yang diterima langsung oleh pengurus masjid setempat ,ditambah lagi dengan pengajuan proposal kepada Pemerintah daerah guna kelanjutan perbaikan masjid tersebut.

Dalam kesempatan yang sama Benny utama juga berharap, kegiatan tradisi lepas ikan larangan sungai tersebut dapat dipertahankan, bahkan bisa lebih ditingkatkan.

Diharapkan pembangkit listrik tenaga tenaga matahari yang sedang dikerjakan dapat rampung dengan baik dalam waktu dekat hingga kebutuhan listrik didaerah tersebut dapat terpenuhi.

Benny Utama dalam kunjungan kerjanya kedaerah tersebut, bermalam dipinggiran sungai dengan memakai tenda seadanya yang di siapkan oleh ptuga BPBD Pasaman, dan tidak hanya itu Bupati dan rombongan hanya makan nasi bertemankan ikan sungai yang di panggang dipinggir sungai hasil dari tangkapan.