Pemkot Solok bagikan seribu bendera merah putih sambut HUT RI ke-78

id Pemkot Solok, bagikan seribu, bendera merah putih, sambut, HUT RI ke-78

Pemkot Solok bagikan seribu bendera merah putih sambut HUT RI ke-78

Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra menyerahkan bendera merah putih sekaligus saat memasangkan di rumah salah seorang warga Kota Solok, Sumatera Barat. ANTARA/HO-Prokomp Solok

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat menggerakkan pembagian seribu bendera merah putih ke masyarakat setempat dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-78 pada 17 Agustus 2023.

Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra di Solok, Kamis mengatakan momentum kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun ini mesti dijadikan untuk memupuk rasa cinta Tanah Air, bela negara dan meningkatkan semangat nasionalisme.

Selain itu, peringatan kemerdekaan RI diharapkan juga mampu memperkokoh komitmen kebangsaan di tengah-tengah masyarakat sebagaimana yang telah diperjuangkan oleh pahlawan dalam memerdekakan Indonesia.

Ramadhani juga mengajak masyarakat Kota Solok atau berjuluk sebagai Kota Beras Serambi Madinah itu untuk menyukseskan gerakan pembagian bendera merah putih.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar berpartisipasi dalam memasang bendera merah putih, termasuk di seluruh instansi pemerintah, instansi swasta, sekolah, tempat umum, rumah, dan tempat strategis lainnya.

Bendera merah putih yang dibagikan bersumber dari swadaya jajaran pemerintah Kota Solok sampai ke tingkat kelurahan serta kontribusi dunia usaha dan pihak lainnya.

Selain itu, pembagian bendera merah putih itu dalam rangka menyemarakkan HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tepatnya 17 Agustus tahun 2023.

Pemerintah Kota Solok juga turut menyukseskan ‘Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih’ dengan membagikan ribuan bendera kepada masyarakat Kota Solok.

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih dimotori oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri bersama dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota melalui Badan Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Bendera merah putih diserahkan secara simbolis oleh Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra didampingi oleh Forkopimda kepada Camat dan Lurah se-Kota Solok di halaman Balai Kota Solok. Untuk selanjutnya, bendera merah putih akan dibagikan ke masyarakat.

Selain itu, Wawako Solok juga menyerahkan dan memasangkan langsung bendera merah putih ke beberapa rumah warga.

Gerakan ini dilandasi pemikiran bahwa bendera merah putih merupakan identitas, simbol, dan alat pemersatu masyarakat Indonesia, yang selama bulan kemerdekaan akan berkibar di seluruh wilayah Indonesia.