Bupati Tanah Datar terima penghargaan dari sebagai tokoh penggerak koperasi madya

id Bupati Tanah Datar,Berita tanah datar,Berita sumbar

Bupati Tanah Datar terima penghargaan dari sebagai tokoh penggerak koperasi madya

Penghargaan kepada Bupati Tanah Datar Eka Putra sebagai tokoh penggerak koperasi madya dari Dewan Koperasi Nasional (Antara/HO)

Batusangkar (ANTARA) - Bupati Tanah Datar, Eka Putra mendapat penghargaan sebagai tokoh penggerak koperasi madya dari Dewan Koperasi Nasional (Dekopin).

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita kepada Bupati Tanah Datar yang diawali Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Tanah Datar Hendra Setyawan pada hari puncak Koperasi Ke-75 di Auditorium UNP Padang, Minggu (23/7).

Hendra Setyawan mengatakan, penghargaan tersebut diberikan kepada Bupati karena selama ini aktif menggerakkan pengembangan koperasi di Kabupaten Tanah Datar.

"Penghargaan ini tidak terlepas dari semua pihak atas dukungan dan kerja sama yang telah diberikan dalam pengembangan koperasi di Tanah Datar," kata dia.

Dia mengatakan dengan adanya penghargaan tersebut diharapkan kedepannya akan menambah semangat dan motivasi untuk mengembangkan koperasi di Tanah Datar agar semakin meningkat.

Bagi koperasi-koperasi yang sebelumnya tidak aktif diharapkan dapat bergabung kembali dan berkontribusi dalam memajukan perekonomian daerah.

Hendra menjelaskan, berdasarkan data keragaan koperasi berdasarkan kelompok usaha di Kabupaten Tanah Datar posisi 31 Maret 2022 berjumlah 227 unit, dari jumlah tersebut masih terdapat koperasi yang tidak aktif.

Sementara koperasi yang melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) pada tahun 2021 hanya 82 koperasi, pada 2022 sebanyak 78 koperasi, kemudian pada tahun 2023 sampai kondisi saat ini yang melaksanakan RAT baru sekitar 67 koperasi.

"RAT merupakan forum yang sangat penting dalam mengevaluasi pelaksanaan program kerja yang telah dilakukan tahun sebelumnya," jelas dia.