Rafflesia mekar sempurna di Batang Palupuh Agam, wisatawan mancanegara berdatangan

id Rafflesia agam,Berita agam,Berita sumbar

Rafflesia mekar sempurna di Batang Palupuh Agam, wisatawan mancanegara berdatangan

Wisatawan mancanegara dan Staf Diskominfo Agam sedang di bunga rafflesia Batang Palupuh, Kecamatan Palupuh. Dok Diskominfo Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Tiga individu bunga Rafflesia Arnoldii mekar sempurna di Jorong Batang Palupuh, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, sehingga wisatawan mancanegara berdatangan ke lokasi itu.

Pemanduan Wisata Palupuh Joni Hartono di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan tiga individu bunga rafflesia itu mekar dengan jarak satu hari antar individu lainnya.

"Lokasi Rafflesia berdekatan dengan jarak paling jauh hanya 10 meter antara bunga tersebut," katanya.

Ia mengakui, bunga itu mekar sempurna pada hari ketiga dan beberapa hari kedepan layur dan membusuk.

Namun masih ada knop bunga tersebut di lokasi kawasan hutan itu. Bahkan knop juga ada di Cagar Alam Batang Palupuh dan di halaman rumah orang tuanya.

"Selamat 2023 ini sekitar puluhan individu bunga rafflesia mekar sempurna di tiga lokasi tersebut," katanya.

Ia menambahkan, tiga individu bunga rafflesia tersebut cukup ramai dikunjungi wisatawan mancanegara untuk melihat secara dekat bunga itu.

Setiap hari kunjungan wisatawan mancanegara ke lokasi lebih dari 10 orang berasal dari Inggris, Prancis, Belanda, Spanyol, Jerman dan lainnya.

Tingginya jumlah kunjungan setelah di Eropa sedang libur sekolah dari Juli sampai Agustus.

"Pada 1 dan 20 Agustus sudah ada wisatawan mancanegara yang bakal berkunjung ke sini dan pada umumnya mereka berkunjung satu keluarga," katanya.

Salah seorang wisatawan asal Inggris Joanna Fielder sangat terkagum dengan keindahan Bunga Rafflesia Arnoldii dengan kondisi mekar sempurna.

Ia rela menempuh perjalanan melewati hutan untuk dapat melihat langsung bunga tersebut yang telah memasuki hari ketiga.

"Saya mendapat informasi tentang bunga ini mekar dan saya memutuskan untuk datang dan melihat. Saya senang melihat bunga ini walaupun tempatnya sulit dijangkau, tetapi tidak masalah dan bunganya sangat indah," katanya.

Staf Kominfo Agam Azhima S. Pusparani mengakui baru pertama melihat bunga rafflesia yang mekar sempurna dan bunga sangat indah.

"Beda kondisi bunga kita lihat secara langsung dibanding di foto. Dengan ketemu bunga secara langsung, maka hilang seluruh kepenatan apalagi ketemu dengan para wisatawan dari Inggris, Jerman dan Spanyol," katanya.