Kemenag Solok harapkan KSM mampu uji kemampuan siswa bidang sains

id Kemenag Solok, harapkan KSM, mampu uji, kemampuan siswa, bidang sains

Kemenag Solok harapkan KSM mampu uji kemampuan siswa bidang sains

Sejumlah siswa saat mengikuti kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kemenag Kota Solok, Sumatera Barat (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kota solok Mustafa mengharapkan kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dapat menguji kemampuan siswa dalam bidang sains serta mengembangkan minat mereka dalam ilmu pengetahuan.

Pelaksanaan KSM 2023 tingkat kabupaten/kota telah dimulai sejak hari Sabtu lalu 8 Juli hingga Senin 10 Juli tahun 2023.

Kompetisi ini merupakan ajang untuk menguji kemampuan siswa dalam bidang sains dan mengembangkan minat mereka dalam ilmu pengetahuan.

Kegiatan KSM juga dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

“Kompetisi Sains Madrasah bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, dan disiplin serta ilmu pengetahuan dan teknologi bagi siswa siswi madrasah," ujar Mustafa.

Untuk itu, ia mengajak siswa agar memupuk terus minat belajar, apalagi di zaman era digital ini, ia mengharapkan agar siswa mampu menjadikan KSM sebagai ajang untuk evaluasi diri.

“Kita doakan, semoga KSM tingkat MA, MTs dan MI ini, sukses dan lancar serta berhasil terpilih peserta-peserta terbaik yang akan mewakili Kota Solok pada KSM tingkat provinsi,” katanya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan sebelumnya kegiatan KSM tingkat MI tersebut diikuti oleh peserta sebanyak 12 orang pada hari Sabtu tanggal 8 Juli 2023 dengan perincian empat orang dari MIN Kota Solok, empat orang dari MIS Rabbani, dan empat orang MIS Kampung Jawa.

Kemudian mata pelajaran matematika ter integrasi dan IPA ter integrasi, dibagi dua sesi, dengan sesi pertama pukul 07.30 WIB sampai 09.00 WIB, sedangkan sesi kedua pukul 13.30 WIB sampai 15.00 WIB.

Sebelumnya didahului dengan KSM Tingkat MA hari Sabtu tanggal 8 Juli 2023 dilaksanakan di MAN Kota Solok dengan jumlah peserta 12 orang.

Mata pelajaran matematika dan biologi, fisika, dan kimia, ekonomi dan geografi, dilaksanakan tiga sesi, sesi pertama pukul 07.30 s.d. 09.30 WIB, sesi kedua, pukul 10.00 s.d. 12.00 WIB sedangkan sesi ketiga pukul 12.30 s.d. 14.30 WIB.

Untuk Kompetisi Sains Tingkat MTsN dilaksanakan hari Minggu tanggal 9 Juli 2023 di MTsN Kota solok dengan jumlah peserta 12 orang, mata pelajaran yang dilombakan, Matematika, IPA Terpadu, Matematika Ter Integrasi juga dilaksanakan tiga sesi, sesi pertama pukul 07.30 s.d. 09.30 WIB, sesi kedua pukul 10.00 s.d. 12.00 WIB dan sesi ketiga pukul 12.30 s.d. 14.30 WIB.

Ia juga menyampaikan mengenai pengumuman hasil KSM tingkat kabupaten/kota tersebut akan diumumkan hari ini 15 Juli 2023 melalui portal dan akun KSM masing-masing satuan pendidikan.

"Sementara KSM tingkat provinsi akan dilaksanakan tanggal 5-7 Agustus 2023 di tempat yang telah ditentukan komite provinsi," katanya.