Kemenag laksanakan simulasi KSM 2023 untukmadrasah se-Kota Solok

id Kemenag,Kompetisi sains madrasah 2023

Kemenag laksanakan simulasi KSM 2023 untukmadrasah se-Kota Solok

Kemenag saat melaksanakan simulasi KSM 2023 untuk madrasah se-Kota Solok, Sumatera Barat (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Madrasah se-Kota Solok, Sumatera Barat melaksanakan simulasi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) di MAN Kota Solok untuk melihat, melatih, dan membiasakan peserta dalam menjawab soal melalui aplikasi yang digunakan.

Plh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok Muhibut Tibri di Solok, Jumat mengatakan tujuan diadakannya simulasi KSM, untuk membiasakan peserta dalam menjawab soal melalui aplikasi yang digunakan.

Simulasi juga untuk membantu para peserta dalam mengidentifikasi kendala yang dialami peserta saat ujian berlangsung, ujarnya.

Kegiatan simulasi KSM tingkat Kota Solok tetap dilaksanakan dengan menggunakan skema kompetisi sains atau KSM tahun 2023, yaitu dilaksanakan secara daring.

Bidang yang dilombakan madrasah ibtidaiyah meliputi matematika terintegrasi dan IPA terintegrasi untuk jenjang madrasah tsanawiyah meliputi matematika terintegrasi, IPA terpadu terintegrasi, IPS terpadu terintegrasi.

Sementara bidang yang dilombakan Madrasah Aliyah meliputi matematika terintegrasi, biologi terintegrasi, fisika terintegrasi, kimia terintegrasi, ekonomi terintegrasi, dan geografi terintegrasi.

“Simulasi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) berlangsung selama tiga hari, yang dimulai pada hari ini Rabu tanggal 5 sampai hari ini tanggal 7 Juli 2023," ujar dia.

Ia menyebutkan peserta tingkat MA, MTs dan MI berjumlah 36 orang se-Kota Solok. Simulasi dibagi menjadi tiga sesi, yakni berlangsung dari pagi hingga sore. Sesi pertama diikuti empat peserta, sesi kedua empat peserta, dan sesi ketiga empat peserta.

Plh Kepala Kantor Kemenag Kota Solok berharap semoga peserta yang mengikuti KSM tahun ini bisa terpilih untuk ke tingkat provinsi dan bisa lanjut ke tingkat nasional.

Sementara itu, Kompetensi Sains Madrasah (KSM) tahun 2023 tingkat Kota Solok akan digelar di lokasi yang sama untuk tingkat MA dan MI berlokasi di MAN Kota Solok, untuk tingkat MTs akan digelar di MTsN Kota Solok.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenag laksanakan simulasi KSM 2023 untuk madrasah se-Kota Solok