Perekaman data-pencetakan KTP elektronik di Pasaman Barat meningkat

id Perekaman KTP elektronik,Perekaman dan pencetakan KTP elektronik,pencetakan KTP elektronik di Pasaman Barat meningkat,Pe

Perekaman data-pencetakan KTP elektronik di Pasaman Barat meningkat

Kunjungan ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pasaman Barat meningkat usai libur Lebaran Idul Adha 1444 Hijriah. (Antara/Altas Maulana). 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mencatat jumlah perekaman dan pencetakan Kartu Tanda Penduduk elektronik meningkat dalam dua hari terakhir.

"Tingkat kunjungan ke Kantor Disdukcapil mengalami peningkatan usai libur lebaran Idul Adha sebesar 9,8 persen dari hari biasanya," kata Kepala Bidang Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Pasaman Barat Harisantoni di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan pada hari biasa sebelum libur Idul Adha dalam satu hari Disdukcapil Pasaman Barat melayani perekaman KTP elektronik sekitar 55 orang dan pencetakan KTP sebanyak 146 keping.

Namun, usai Idul Adah naik sekitar 9,8 persen dengan 99 orang perekaman KTP elektronik dan 168 keping pencetakan KTP per harinya.

"Kondisi serupa juga terjadi saat petugas melakukan pelayanan keliling dan sejumlah Kantor Camat di Pasaman Barat," ujarnya.

Menurutnya peningkatan jumlah perekaman dan pencetakan KTP elekronik itu diduga dikarenakan liburan dan tahun ajaran baru sehingga banyak wajib KTP atau pemilih pemula yang melakukan perekaman KTP.

Kemudian banyak juga warga dari nagari atau desa defenitif baru melakukan penggantian KTP elektronik.

Kepala Disdukcapil Pasaman Barat Yulisna menyampaikan meski peningkatan jumlah partisipasi masyarakat yang merekam dan mengurus KTP hanya berkisar 9,8 persen namun jumlah itu dianggap sebuah kemajuan dalam pencapaian terkait pencetakan dan perekaman KTP elektronik.

Menurutnya peningkatan partisipasi itu juga dampak dari tingginya intensitas pelayanan administrasi kependudukan dengan menemui masyarakat langsung hingga ke tingkat kejorongan atau dusun melalui inovasi Pelayanan administrasi kependudukan secara keliling dan terintegrasi atau disingkat pandeka sakti.

"Masuknya masa libur dan tahun ajaran baru diduga sebagai salah satu faktor meningkatnya partisipasi masyarakat melakukan perekaman KTP elektronik saat ini," katanya.

Ia mengimbau masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP elektronik agar segera mengurusnya sehingga saat ada keperluan tidak terkendala. ***3***