Sabar AS: Konsep pembangunan Pariwisata Pasaman sudah disusun sangat matang

id Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS,berita pasaman,bupati pasaman,pariwisata pasaman,berita sumbar

Sabar AS: Konsep pembangunan Pariwisata Pasaman sudah disusun sangat matang

Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS (ANTARA/Heri Sumarno)

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS mengatakan target menjadikan Pasaman sebagai salah satu daerah tujuan utama Pariwisata di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bukan rencana tanpa dasar.

"Sudah didasarkan dan didukung oleh konsep atau perencanaan yang sangat matang," kata Sabar AS, Senin (3/7).

Akan tetapi diakui Sabar, perlu proses dan waktu yang panjang untuk menunggu implementasi dari konsep pengembangan pariwisata itu.

"Ini bukan kegiatan bim-salabim, melainkan pekerjaan yang memerlukan waktu dan proses yang panjang," tambahnya.

Menurut Sabar AS, bila semua tahapan atau proses dalam rencana pengembangan pariwisata itu berhasil diimplementasikan, maka target menjadikan Pasaman sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Sumbar diyakini akan tercapai.

"Selain memerlukan dukungan dana, baik dari APBD Pasaman maupun dari APBD Sumbar dan sumber-sumber dana lainnya yang sah," katanya.

Kata dia target menjadikan Pasaman sebagai daerah tujuan wisata juga memerlukan dukungan dari semua pihak.

"Termasuk dukungan dari semua elemen yang ada di masyarakat. Terutama sikap mental dalam menyambut kunjungan wisatawan."

Dalam konteks ini katanya, masyarakat mesti memiliki persepsi yang sama dan sebangun dalam memandang dan memberlakukan kegiatan kepariwisataan, yang diposisikan sebagai salah satu mesin penggerak pertumbuhan ekonomi di masyarakat.

Pembangunan dan pengembangan sektor kepariwisataan Pasaman tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJMD) Pasaman tahun 2021-2025.

"Itu artinya rencana pembangunan dan pengembangan sektor kepariwisataan Pasaman merupakan amanat RPJMD Pasaman 2021-2025 yang harus dilaksanakan oleh semua stakeholder terkait di daerah ini," katanya.

Dijelaskannya, dalam RPJMD Pasaman 2021-2025 itu tertuang secara detail semua item yang diperlukan untuk membangun dan mengembangkan sektor kepariwisataan di Pasaman. "Termasuk juga sumber dana kegiatannya," tegasnya.

Sabar AS optimis, bila semua konsep pengembangan kepariwisataan yang tertuang di RPJMD Pasaman 2021-2025 berhasil dilaksanakan, target menjadikan Pasaman sebagai salah satu daerah tujuan wisatawan utama di Sumbar akan terwujud.