Epidemiolog ingatkan masyarakat waspadai DBD saat El Nino

id Bahaya dbd, demam berdarah dengue, Defriman djafri, dampak el nino, el nio dbd,Epidemiolog ingatkan masyarakat,ingatkan

Epidemiolog ingatkan masyarakat waspadai DBD saat El Nino

Epidemiolog sekaligus Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat Defriman Djafri. (ANTARA/HO-Pribadi).

Padang (ANTARA) - Epidemiolog sekaligus Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat Defriman Djafri mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai terkait ancaman demam berdarah dengue (DBD) saat fenomena El Nino.

"Dari siklus El Nino ini juga terjadi perubahan siklus vektornya sendiri (aedes aegypti) maka perlu diwaspadai," kata epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand Defriman Djafri di Padang, Minggu.

Defriman mengatakan, selama ini cukup banyak anggapan masyarakat yang keliru bahwa DBD hanya terjadi pada kondisi suhu yang lembab atau tidak terlalu panas. Padahal, terjadi perubahan pada vektor penyebab DBD (aedes aegypti) misalnya, kemampuan terbang dan pengembangbiakan nyamuk saat musim panas sekalipun.

"Jangan menganggap saat cuaca panas atau fenomena El Nino kemampuan atau virus tidak akan berkembang," kata dia menegaskan.

Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Sumatera Barat tersebut mengatakan, para peneliti juga perlu melakukan penelitian mendalam alasan virus tersebut masih mampu bertahan dalam kondisi panas sekalipun.

"Sebab, bisa jadi virus tersebut nyaman di inangnya (nyamuk)," kata dia.

Kemudian, Defriman juga mendorong para peneliti di Tanah Air agar melakukan penelitian apakah gigitan nyamuk aedes aegypti tersebut lebih tinggi saat perubahan iklim dan fenomena El Nino dibandingkan suhu normal.

Tidak hanya DBD, Defriman yang tergabung dalam Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia tersebut mengatakan, masyarakat juga perlu mewaspadai ancaman penyakit lain yang ditularkan melalui vektor seperti malaria.

"Perlu diwaspadai karena ada beberapa virus ini yang sudah resistan terhadap cuaca atau gelombang panas," kata lulusan Universitas Pangeran Songkla tersebut.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan upaya-upaya sekaligus mengimbau masyarakat untuk mewaspadai lonjakan kasus DBD akibat fenomena El Nino atau pemanasan suhu muka laut yang menyebabkan kondisi cuaca dan iklim kering.

Upaya tersebut, yakni memperluas penerapan teknologi wolbachia (bakteri yang dapat mematikan virus dengue pada tubuh nyamuk penyebab DBD). Selanjutnya, memberantas sarang nyamuk secara massal, menyiapkan logistik dan fasilitas kesehatan.

Kemudian, pemerintah juga melakukan pembinaan kelompok kerja DBD di daerah agar lebih sigap, dan terakhir memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai DBD.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Epidemiolog ingatkan masyarakat waspadai DBD saat El Nino