Liga Pelajar di Pariaman lahirkan kekompakkan sesama pelajar

id Pemko Pariaman,Wako Pariaman,Liga Pelajar Tahun 2023

Liga Pelajar di Pariaman lahirkan kekompakkan sesama pelajar

Wako Pariaman, Sumbar Genius Umar berfoto bersama saat penutupan Liga Pelajar Tahun 2023 tingkat SD/MI , SMP/MTs DAN SMA/SMK se Kota Pariaman. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Liga Pelajar untuk tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK se-Kota Pariaman, Sumatera Barat dinilai tidak saja dapat membangun SDM yang sehat dan berkualitas untuk mencari bibit unggul namun juga melahirkan kekompakkan sesama pelajar meskipun berbeda sekolah.

“Liga pelajar se-Kota Pariaman Tahun 2023 telah terselenggara dengan sukses karena telah melahirkan kekompakkan sesama pelajar meskipun berbeda sekolah," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan olahraga yang dilaksanakan semenjak 10 sampai dengan 24 Juni 2023 tersebut Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman dan pelaku berkepentingan lainnya di daerah itu dapat melihat bakat siswa dan mengasahnya menjadi pemain profesional.

"Seperti para seniornya yang saat ini sudah banyak mengukir prestasi baik sepakbola melalui Persikopa ataupun futsal melalui Club Sabiduak Sadayuang," katanya.

Menurutnya, hal lain yang tidak kalah penting yaitu kegiatan event tersebut telah menjadi ajang unjuk kebolehan dan keterampilan para pemain yang hal itu merupakan sesuatu yang sangat positif sebab seorang atlet tidak dapat serta merta menjadi bintang lapangan namun ada proses dan harus dilakukan secara bertahap.

Ia menyampaikan kegiatan yang menjadi ajang penting bagi penilaian kualitas para pemain muda berbakat di Pariaman tersebut harus menjadi agenda tahunan Pemko Pariaman melalui Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga.

Pemenang pada liga tersebut untuk tingkat SD yaitu Juara I Club Pariaman Selatan A, Juara II Club Pariaman Selatan B dan Juara III Club Pariaman Tengah. Sementara Top Score SD diraih oleh Muhammad Fauzan dari SDN 03 Talauk dan Pemain Terbaik diraih oleh Fikri Pratama Putra dari SDN 01 Pauh Kurai Taji dan Pelatih Terbaik diraih oleh Pino Hardi dari SDN 13 Balai Kurai Taji.

Untuk tingkat SMP, Juara I dari Club SMP 3 Pariaman, Juara II SMP 1 Pariaman dan Juara III MTSN 1 Pariaman. Top Score SMP diraih oleh Zizali Dinejad Figo dari SMP 3 Pariaman dan Pemain Terbaik diraih oleh Athur Alhadit dari SMP 1 Pariaman dan Pelatih Terbaik diraih oleh Aditya Amran dari SMP 3 Pariaman.

Untuk tingkat SMA, Juara I dari Club SMA 3 Pariaman, Juara II SMA 5 Pariaman dan Juara III SMA 1 Pariaman. Top Score SMA diraih oleh Arsyad Nur Aditya dari SMA 3 Pariaman, M.Ridho dari SMA 1 Pariaman dan Febrian Nabil dari SMA 5 Pariaman. Pemain Terbaik diraih oleh Arsyad Nur Aditya dari SMA 3 Pariaman dan Pelatih Terbaik diraih oleh Irwando dari SMA 1 Pariaman.