Rektor : Peran alumni besar wujudkan UNP jadi World Class University

id Padang,Sumbar,UNP

Rektor : Peran alumni besar wujudkan UNP jadi World Class University

Pelantikan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Alumni UNP (Iluni-UNP) dihadiri oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA), Prof Z Mawardi Effendi, pimpinan selingkungan UNP, K (ANTARA/HO UNP)

Padang (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Padang Prof Ganefri mengatakan peran alumni yang tergabung dalam Ikatan alumni (Iluni) UNP sangat besar dalam mewujudkan kampus tersebut menjadi World Class University.

"Kita mengapresiasi kepada pengurus iluni sebelumnya dan menyampaikan selamat kepada para Iluni yang dilantik . Dengan amanah yang diberikan, peran alumni dalam rangka UNP menuju WCU semakin besar,” katanya saat melantik Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Alumni UNP (Iluni-UNP) di Padang, Sabtu

Menurut dia komitmen Universitas Negeri Padang (UNP) menuju World Class University (WCU) terus dilakukan. Dalam mewujudkan ini butuh dukungan semua kalangan, termasuk dari alumni.

"Untuk itu, UNP memberikan ruang pada organisasi alumni baik dari tingkat program studi hingga universitas untuk aktif menjalankan organisasi tersebut," kata dia.

Ia menjelaskan organisasi Iluni UNP berjalan dengan begitu baik, artinya reorganisasi, restrukturisasi terhadap keberlanjutan kepengurusan UNP berjalan sesuai dengan amanah dari anggaran rumah tangga dan anggaran dasar.

Ketua Umum Iluni UNP Nardirman mengatakan sebuah universitas tidak akan dapat mencapai WCU tanpa dukungan aktif dan berkelanjutan dari alumni. Peran yang dimainkan oleh para alumni sangat penting, tetapi ada beberapa faktor yang mempengaruhi alumni dapat berkontribusi dan berpengaruh pada WCU.

Salah satunya yakni kualitas pendidikan, penting untuk kampus memastikan bahwa kurikulum dan metode pengajaran yang digunakan sesuai dengan standar internasional dan memberikan keterampilan pengetahuan untuk siap bersaing ditingkat nasional dan internasional.

"Jejaring alumni sangat penting mengadakan kerja sama dengan berbagai pihak terutama dengan dunia industri yang dapat menjadi peluang bagi para alumni,” katanya.

Sementara itu Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menyampaikan Pemprov Sumbar bekerja sama serta bersinergi dengan perguruan tinggi, merupakan peluang baik untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Keberadaan iluni menjadi bagian untuk mempercepat dan membantu kesuksesan institusi tersebut. Peran aktif daripada iluni akan sangat membantu seperti pembangunan, beasiswa, peluang kerja tempat alumni.

“Semoga dengan dikukuhkan alumni UNP akan memberikan dampak positif dan mempercepat UNP menjadi WCU serta kepengurusan UNP periode ini dapat dioptimalkan dan memberikan manfaat bagi UNP,” kata dia

Pelantikan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Alumni UNP (Iluni-UNP) dihadiri oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA), Prof Z Mawardi Effendi, pimpinan selingkungan UNP, Ketua Iluni beserta DPP Iluni UNP serta 1.634 calon wisudawan UNP periode 131. Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Iluni UNP dengan BNI dalam rangka membuat kartu alumni.