Tourism Malaysia siap kolaborasi sukseskan VBWS 2023

id Sumbar,Tourism Malaysia,Padang

Tourism Malaysia siap kolaborasi sukseskan VBWS 2023

Director Tourism Malaysia Medan Konsul Pelancongan Chan Hon Mun bersama Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda SY, Konsul Muda Pelancongan/Deputy Director Tourism Malaysia Medan Yusnita Yusof, Marketing Manager of Sumatera Tourism Malaysia Medan TW Harsono Pane, jajaran Dinas Pariwisata Sumbar dan pelaku pariwisata. (ANTARA/HO Tourism Malaysia)

Padang (ANTARA) - Tourism Malaysia menyatakan kesiapan pihaknya melakukan kolaborasi dengan Dinas Pariwisata Sumatera Barat dalam menyukseskan Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023 dalam mendatangkan wisatawan ke daerah setempat.

Konsul Pelancongan yang juga Director Tourism Malaysia Medan Chan Hon Mun di Padang, Rabu mengatakan pihaknya memberikan dukungan penuh atas program Visit Beautiful West Sumatera 2023, dan siap bekerja sama dalam menyukseskan program tersebut.

“Kita sangat memuji sekali kekayaan pariwisata yang ada di Sumatera Barat dan itu sangat luar biasa, termasuk juga kuliner, merupakan magnet yang membuat wisatawan rindu untuk datang kembali ke Sumbar ini,” kata dia saat bertemu Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda SY.

Tourism Malaysia sendiri telah mengunjungi Batam dan Pekanbaru dalam memperluas jaringan dan kini hadir di Kota Padang untuk meluaskan lagi jaringan serta kolaborasi dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan, baik ke Malaysia dan ke Sumatera Barat.

"Untuk meramaikan pasar wisata baik ke Malaysia dan ke Sumatera Barat networking harus diperluas dan mesti berkolaborasi," kata dia

Menurut dia ketersediaan sarana transportasi yang memadai merupakan elemen terpenting dalam industri pariwisata dan dalam waktu terdekat Tourism Malaysia Medan berencana untuk bertemu dengan operator penerbangan guna membincangkan promosi bersama untuk meningkatkan kedatangan turis diantara kedua negara.

“Hal ini sejalan dengan Visit IMT-GT Year 2023-2025, program kerjasama antara Indonesia-Malaysia dan Thailand yang telah diresmikan oleh Presiden Jokowi bersama Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dan wakil pemerintahan Thailand dalam pertemuan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur,” kata dia.

Ia menjelaskan, saat ini statistik kunjungan Indonesia dan Malaysia menunjukkan tren yang sangat positif, terdapat sebanyak 462 penerbangan langsung ke Malaysia dan hingga Februari 2023 tercatat 470,812 turis Indonesia telah datang berkunjung ke Malaysia dengan berbagai tujuan.

"Demikian juga dengan turis Malaysia yang berwisata ke Indonesia tercatat sebanyak 363,924 orang," kata dia

Sementara Konsul Muda Pelancongan/Deputy Director Tourism Malaysia Medan Yusnita Yusof, Marketing Manager of Sumatera Tourism Malaysia Medan TW Harsono Pane menambahkan di tahun 2023 ini, pihaknya menargetkan tiga juta wisatawan dari Indonesia dan satu juta wisatawan dari Sumatera.

Menurut dia Tourism Malaysia tengah gencar melakukan kegiatan-kegiatan promosi untuk menarik wisatawan berkunjung ke negeri jiran terutamanya dari Pulau Sumatera.

"Kami ingin pelancong ke Malaysia bangkit lagi. Pelancong perlu melihat Malaysia lagi perkembangan-perkembangan selepas pandemi COVID-19 karena banyak tempat wisata yang baru di Malaysia yang perlu dilihat pelancong, seperti wisata belanja, wisata kuliner, eco tourism,” kata dia.

Pemerintah Malaysia telah mencanangkan Visit Malaysia Year 2025 yang diharapkan akan dapat mendorong sektor pariwisata Malaysia.

"Kita berharap pariwisata atau pelancongan Malaysia dan Indonesia kembali kokoh dan kuat untuk menjadi penyumbang pendapatan serta menjadi tulang punggung ekonomi bagi kedua negara,” katanya.