Dinas Pariwisata Pessel segera aktifkan 'Tourism Information Center' di Tarusan

id berita pessel,berita painan,berita sumbar,Tourism Information Center tarusan,pemkab pessel

Dinas Pariwisata Pessel segera aktifkan 'Tourism Information Center' di Tarusan

Foto udara jalan ke kawasan Wisata Mandeh di Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww)

Painan (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat segera mengaktifkan 'Tourism Information Center (TIC)' di Nagari Carocok Anau Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan.

"Pusat informasi kepariwisataan itu, rencananya diaktifkan dengan dukungan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) 2023," kata Kepala Disparpora Pesisir Selatan Suhendri di Painan, Rabu (04/01).

Ia mengatakan saat ini fisik bangunan untuk TIC sudah ada dibangun pada 2021, namun pengelolaan belum karena anggaran baru diusulkan melalui DAK 2023 sebesar Rp200 juta.

Sekarang tinggal menunggu pengelolaan sehingga fungsi TIC ini dapat beroperasi sesuai peruntukannya.

Ia menjelaskan TIC sebagai pusat informasi pariwisata, maka di sana akan ada petugas yang siap memberikan informasi tentang pariwisata di Pesisir Selatan.

Terkait kelengkapan, di lokasi ini sudah ada sejumlah fasilitas seperti galeri, ampiteater, musala, dermaga mini, space untuk pusat informasi wisata serta toilet dan area parkir.

Ia mengakui dulunya TIC ini sudah pernah aktif melibatkan sejumlah komunitas. Namun, karena belum adanya anggaran pengelolaan, maka kegiatan-kegiatan di TIC itu tidak berjalan lama.

"Mudah-mudahan tahun ini TIC dapat dikelola secara profesional," harapnya. (*)