BKIPM Padang gelar Bimtek pacu ekspor komoditi perikanan dari Sumbar

id BKIPM Padang,Sumbar,Kelautan

BKIPM Padang gelar Bimtek pacu ekspor komoditi perikanan dari Sumbar

Kepala BKIPM Abdur Rohman, Anggota DPR RI Hermanto bersama peserta Bimtek Perkarantinaan Ikan, Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan di Kota Padang, Minggu. (ANTARA/HO BKIPM Padang)

Padang (ANTARA) - Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Padang memacu ekspor komoditi hasil perikanan dari Sumatera Barat melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap masyarakat sektor kelautan di daerah setempat.

Kepala BKIPM Padang Abdur Rohman di Padang, Minggu mengatakan Bimtek Perkarantinaan Ikan, Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan ini bertujuan untuk mendukung pengembangan industri perikanan tumbuh lebih cepat, berkelanjutan dan berorientasi ekspor.

"Kegiatan ini merupakan kerja sama BKIPM Padang dengan anggota Komisi IV DPR RI Hermanto dan peserta berjumlah 110 orang merupakan masyarakat kelautan dan perikanan di Sumatera Barat yang terdiri dari perseorangan, kelompok usaha mikro, kelompok usaha kecil dan usaha menengah di bidang perikanan," kata dia.

Ia mengatakan tema yang diambil adalah Pemenuhan Persyaratan Ekspor Komoditi Perikanan Tahun 2023. Dirinya berharap peserta nantinya akan dapat mempelajari lebih lanjut tentang cara menjaga mutu ikan dengan baik serta penerapan standar mutu dan keamanan yang sesuai.

Menurut dia Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui BKIPM Padang melaksanakan program penjaminan sistem jaminan kesehatan ikan serta sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepercayaan pasar dunia akan komoditas perikanan yang sehat, bermutu dan aman dikonsumsi manusia.

BKIPM Padang juga akan terus memberikan pelayanan optimal kepada para pelaku usaha perikanan dalam bentuk layanan penerbitan sertifikat Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), Cara Karantina Ikan yang Baik (CKIB), Cara Penanganan Ikan yang Baik (CPIB), Instalasi Karantina Ikan (IKI) dan lainnya.

"Sumbar memiliki potensi hasil perikanan yang besar dan ini perlu dorongan semua pihak agar komoditas yang ada dapat diekspor secara optimal,"kata dia.

Sementara anggota Komisi IV DPR RI Hermanto mengapresiasi BKIPM Padang yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dengan harapan dapat memajukan perekonomian khususnya di wilayah Sumatera Barat.

Menurut dia pembangun sektor kelautan dan perikanan yang lebih maju haruslah diciptakan dengan cara bersinergi, kerja sama bersama KKP melalui BKIPM Padang inilah salah satu bentuk sinergi yang tercipta harmonis untuk memajukan sektor kelautan dan perikanan di wilayah Sumatera Barat.

"Kita berharap peserta bimtek kedepannya mengerti bagaimana cara standarisasi ekspor komoditi perikanan," kata dia.