Bupati Tanah Datar kukuhkan pengurus IKTD Riau

id IKDT, tanahdatar, batusangkar, bupati

Bupati Tanah Datar kukuhkan pengurus IKTD Riau

Bupati Tanah Datar Eka Putra foto bersama dengan pengurus IKTD Riau periode 2022-2027. (ANTARA/Etri Saputra/23)

Batusangkar (ANTARA) - Bupati Tanah Datar Eka Putra kukuhkan Pengurus Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) Provinsi Riau sekaligus Pengukuhan Pengurus Bundo Kanduang IKTD Riau periode 2022-2027 yang dilaksanakan pada Halal Bihalal dan Silaturahmi Akbar IKTD Riau di Grand Center Hotel Pekanbaru (19/5) malam.

Nurzahedi atau dikenal dengan Edi Tanjung terpilih sebagai Ketua IKTD Riau periode 2022-2027, Yon Hefri sebagai Sekretaris, dan Asmen sebagai Bendahara Umum.

Sementara itu Yunelly terpilih menjadi Bundo Kanduang IKTD Riau, Gusmulyati sebagai Sekretaris, dan, Zulfitriani sebagai Bendahara.

Pengukuhan IKTD Riau ditandai dengan penyerahan bendera petaka dari Dewan Pembina IKTD yang juga Bupati Tanah Datar Eka Putra kepada Ketua IKTD terpilih.

Pada kesempatan itu juga ditayangkan video singkat terkait dengan potensi wisata dan program-program unggulan pemerintah daerah.

Ketua IKTD Riau terpilih, Nurzahedi menyampaikan pemilihan pengurus IKTD Riau periode 2022-2027 merupakan hasil dari pertemuan yang dilaksanakan pada 22 Desember lalu yang diikuti IKTD 12 Kabupaten Kota di Riau.

"Hasil dari pertemuan tersebut kami diminta dan dipilih kembali menjadi ketua IKTD Riau periode 2022-2027," kata dia.

Dia mengatakan, IKTD tidak bisa berjalan dengan sendirinya tanpa adanya dukungan dari semua pihak, untuk itu ia butuh bimbingan apabila dalam menjalankan amanah ini tolong diingatkan.

"Mari kita jaga kebersamaan, kekompakan, dan kesatuan, bahwa tujuan dari organisasi sosial ini tidak lain adalah dalam rangka menyatukan silaturahmi, baik sesama warga Riau asal Tanah Datar maupun bersama warga kita lainnnya," kata dia.

Dia juga menyampaikan, warga Riau yang berasal dari Tanah Datar siap membantu segala sesuatu program Pemerintah Riau.

"Bak kata pepatah, dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung, dimana ranting dipatahkan disitu air disawuk," kata dia.

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi Umum, H. Joni Irwan, SH, MH, menyampaikan sebuah kebahagiaan bagi dia bisa bertatap muka dengan segenap pengurus IKTD yang ada di Riau.

Baginya, kehadiran organisasi IKTD berdampak positif dalam menyatukan persaudaraan serta berpotensi juga dalam memajukan Provinsi Riau

"Kami sebagai pemangku kepentingan tidak bisa berdiri sendiri tanpa dibantu seluruh komponen masyarakat termasuk IKTD," ujarnya.

Dia melanjutkan, dalam rangka menciptakan generasi Riau yang unggul dan bermanfaat diharapkan warga Minang yang tergabung dalam IKTD Riau dapat bersinergi dan meluangkan pemikirannya untuk meningkatkan keberhasilan pembangunan di Riau.

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan, dimasa jabatannya yang telah berlangsung dua tahun dua bulan, pengukuhan IKTD menjadi kebanggan baginya.

"Ini sejarah bagi kita, kurang lebih 1500 warga Tanah Datar yang ada di Provinsi Riau hadir pada acar ini. Ini tidak gampang mengumpulkan sebanyak ini, pesan saya mari kita jaga silaturahmi, jalin komunikasi, mari bangun komunikasi hati antara pengurus dan anggota IKTD di Riau ini, kalau ada masalah selesaikan segera," kata Bupati.

Pada kesempatan itu Bupati juga juga ucapkan selamat kepada pengurus yang dilantik dan pesankan untuk selalu menjaga kekompakan dan tetap bersinergi dengan pemerintah.

"IKTD adalah organisasi sosial yang menjadi kesatuan dan keseharusan yang wajib kita jaga. Perantau yang dikukuhkan semoga sinergi yang telah dijalin selama ini bisa ditingkatkan," pesan Bupati.