Dubes hadiri penobatan Raja Charles dengan busana adat Lampung

id Dubes desra

Dubes hadiri penobatan Raja Charles dengan busana adat Lampung

Tangkapan layar - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Inggris Desra Percaya bersama istri menghadiri penobatan Raja Charles III sebagai Raja Inggris di Westminster Abbey, London, Sabtu (6/5/2023). ANTARA/Katriana/am.

Jakarta (ANTARA) - Dengan mengenakan pakaian adat Lampung, Duta Besar RI untuk Inggris Desra Percaya beserta istri menghadiri penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, London, Inggris.

"Selama dua hari, saya mendapat kesempatan langka sebagai salah satu saksi sejarah mewakili Bapak Presiden @jokowi dalam kegiatan resepsi oleh Raja," kata Desra di akun miliknya di Instagram pada Sabtu.

Dia mengatakan dirinya mengikuti prosesi acara penobatan Raja Charles di Westminster Abbey dan jamuan makan siang oleh Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly.

Ia mengaku sangat senang mengikuti acara kenegaraan itu dengan para pemimpin monarki dari Eropa dan Jepang, serta para pemimpin negara negara dan tokoh dunia.

"Rasanya bak mimpi," kata Desra, yang menganggap kehadirannya di acara itu sebagai kesempatan sekali seumur hidup.

Tradisi penobatan itu, kata dia, sudah turun temurun sejak seribu tahun lalu.

Ia menilai corak modernitas monarki pada acara itu sangat kental, yang terlihat dari durasi prosesi yang dipersingkat dan pembacaan liturgi oleh Perdana Menteri Rishi Sunak, seorang penganut Hindu.

Desra mengatakan motif kain "Jung Sarat" pada busana yang dikenakannya melambangkan keagungan.

Motif tersebut umumnya dipakai saat acara besar di Lampung dan proses pembuatannya memakan waktu 3,5 bulan karena menggunakan pewarna dari bahan alami.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Berbusana adat Lampung, Dubes RI hadiri penobatan Raja Charles